Meningkatkan Imunitas Tubuh (part 1)

0
38

.Apel dipercaya meningkatkan imunitas tubuh melawan kanker, mengurangi tekanan darah dan menstabilkan level gula. Setiap hari ada saja berita penyakit aneh yang melanda masyarakat, terakhir contohnya flu babi. Belum lagi berbagai penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup seperti diabetes, jantung, dan kolesterol.

Masyarakat pun semakin banyak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, yang membuat beragam penyakit mudah menyerbu. Hmm,…tubuh gemuk yang dulu dianggap lambang sehat dan makmur, seka rang sebaliknya, rentan kena penyakit alias tidak sehat.

Salah satu yang membuat kita makin rentan terhadap penyakit adalah kebiasaan dan pola hidup tidak sehat. Coba hitung setidak nya berapa persen dalam sehari tubuh Anda bergerak atau berkeringat sehat? Lalu bagaimana pola makan Anda selama ini? Sering santap makanan instan yang belum tentu terjamin kebersihannya?

Jangan heran bila gejala pusing, pilek, sakit kepala, batuk yang dulu dapat dilawan imunitas tubuh dengan mudah, kini tak lagi sanggup ditaklukkan. Bahkan gejala ringan itu bisa berubah jadi penyakit berbahaya. Padahal Dr. Mark Moyad M.D., penulis buku Dr. Moyad’s No BS Health Advice, mengungkapkan pemakaian bahan-bahan alami mampu mendongkrak sistem pertahanan tubuh.

So, apa saja yang bisa kita pergunakan agar kekuatan tubuh kembali prima? Simak ulasan lengkapnya di sini!

GOOD HABITS

CUCI TANGAN
Menurut Hal S. Blatman, M.D., pimpinan American Holistic Medical Association, kebanyakan virus berpindah tempat ke tubuh manusia melalui tangan. “Rajin mencuci tangan dan usahakan untuk tidak terlalu sering memegang bagian dalam atau bagian rentan pada tubuh dengan tangan Anda, misal mengucek mata, mengorek hidung, atau rongga mulut, yang membuat bakteri atau virus di tangan masuk ke dalam tubuh,” ujarnya.

POTONG RUTINITAS
Jika tubuh sedang lelah atau lemah, lupakan sejenak jadwal rutin Anda, seperti nge-gym hingga dugem. “Olahraga baik bagi kesehatan namun ketika virus atau bakteri mulai menyerang sistem pertahanan tubuh, ada baiknya energi pembakaran Anda dialihkan guna meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Dr. Davis.

Mulailah dengan mengurangi intensitas hingga tingkat kesulitannya, ataupun berhenti total. Namun menurut Dr. Blatman, jika Anda merasakan sakit pada leher, atau tenggorokan kering, namun Anda merasa kuat, lakukanlah olahraga ringan. Olahraga mendorong Anda mengonsumsi banyak air secara rutin dan banyak.

Selain itu, hentikan juga aktivitas malam Anda, “Alkohol bisa menghalangi terserapnya nutrisi ke dalam tubuh sehingga sistem imunitas tak mendapat energinya,” ujar Dr. Moyad. Tak hanya alkohol, gula refi ne memiliki efek dapat menurunkan kinerja sel-sel aktif, hingga akhirnya tak lagi bisa melawan bibit penyakit.

CUKUP TIDUR
Menurut Lise Alschuler, pimpinan American Association of Naturopathic Physicians, mereka yang kurang tidur cenderung memiliki imunitas tubuh yang rendah. “Minimal, Anda wajib beristirahat 7-8 jam per hari. Dan waktu tidur tersebut tidak bisa tergantikan,” ujarnya.

CUCI SELIMUT
Tempat tidur tak hanya menjadi tempat yang nyaman bagi Anda untuk ber-leyeh-leyeh, namun juga “hunian” yang digemari bakteri. Maka, pastikan rutin mengganti selimut dan sprei Anda, sebab jika tidak bakteri yang terdapat di dalamnya tak hanya menyebabkan timbulnya bibit penyakit namun juga membuat kulit jadi sensitif dan iritasi.

ASYIKNYA BERENDAM
Kondisi tubuh saat berendam di air hangat dapat menyebabkan jaringan otot tubuh menjadi relaks sehingga jalur peredaran darah lebih terbuka. “Usai berendam di air hangat, pastikan suhu ruangan di sekitar Anda tidak berbeda jauh alias hangat. Bila kondisi di sekitar dingin maka otot Anda akan kembali tegang dan menyulitkan jalan darah. Tambahkan pula herbal oils pada air rendaman,” kata Dr. Moyad.

MARI BERKHAYAL
Cobalah selama 30 menit pikirkan seseorang yang Anda sayangi. Cara ini dapat meningkatkan kekuatan emosi dan mental. Penelitian University of Wisconsin- Madison, AS, menunjukkan perasaan dan tingkat emosi positif mendorong otak menstimulasi perasaan bahagia sehingga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

..to be continued..

(sumber: Good Housekeeping Indonesia)

SHARE