Semarak Sepeda Fixed-gear

0
41

.Dikenal di Amerika Serikat dengan nama fixie adalah sepeda yang tidak ada roda bebas. Maksudnya begini, kalau sepeda biasa di-genjot dan melaju, ketika didiamkan pedalnya bisa dimainkan ke belakang. Nah, bedanya dengan fixed-gear, ketika di-genjot dan jalan, maka pedalnya tidak bisa dimainkan ke belakang. Gerak pedal mengikuti perputaran ban. Bila di-genjot maju, dia akan maju. Bila di-genjot mundur, maka akan mundur. Nah loh? Jadi.. bila kaki Anda tidak mau terluka kena pedal yang sedang mutar, jangan lepaskan kaki Anda dari pedal.

Sepeda fixed-gear umumnya digunakan saat perlombaan dilintasan velodrome, tapi saat ini penggunaannya sudah meluas hingga ke penggunaann sehari-hari.

Sepeda ini banyak digunakan karena kesederhanaan, gaya dan kemudahan perawatannya. Bahkan pada saat kondisi jalanan licin, pengguna sepeda lebih memilih sepeda ini karena tanpa adanya roda bebas justru menghasilkan pengereman yang baik.

Penggemarnya pun di Indonesia sudah ada dan mereka sering berkumpul untuk bersepeda bersama dengan rekan-rekan sesama pecinta sepeda fixed. kalau Anda ingin melihat profil mereka, silahkan klik disini www.id-fixed.com/

Segala hal tentu ada kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan. Bagi orang yang sudah biasa menggunakan sepeda freewheel, kecendrungannya pada saat kecepatan tinggi, kaki akan dilepaskan dari pedal dan bisa melukai tulang kering kaki sehingga kehilangan keseimbangan.

(Dari berbagai sumber)

SHARE