Komunitas Patah-Patah

0
71

.Suka melakukan gerakan patah-patah, bukan berarti Anda menjadi seorang Annisa Bahar. Mungkin yang Anda maksud adalah gerakan tarian asal New York City, breakdance. B-boy, b-girl, breaker, atau breakdancer, yang kebanyakan berdarah Afro-American dan dari Puerto Rico ini berlaga di jalanan diiringi musik hip-hop.

Michael Jackson merupakan salah satu pelopor jenis tarian ini dengan ciri khas-nya, robot dance. Anda pasti tidak akan pernah lupa gerakan Moon-Walk ciptaannya. Smooth dan mengagumkan. Dari sisi musik, break beat selalu setia menyelimuti tarian unik ini. DJ Koll Herc boleh disebut sebagai pionir musik yang menginspirasi para breaker dalam meliuk-liukkan tubuhnya. Tidak hanya itu, James Brown turut menyumbangkan andilnya ke dalam nyawa musik pengiring break dance, yakni melalui funk.

Komunitas breaker semakin menjamur pada 1980-an, diikuti dengan kompetisi-kompetisi bergengsi mereka, seperti Battle of The Year. Di Indonesia sendiri terdapat wadah bagi para breaker, yang cukup besar dan tua, B-Boy Indo. Hamid Fabas – yang dikenal secara nasional dan telah diakui profesionalitasnya sebagai seorang penari – berjasa dalam mendirikan komunitas ini.

Layaknya breaker lain, anggota b-boy indo aktif dalam event-event break dance dan rajin berlatih. Tubuh yang lentur dan kuat sangat diperlukan untuk melakukan gerakan-gerakan toprocks, power moves, freeze, dan suicide.

Irama dan kombinasi antara gerakan kaki dan tangan sangat dibutuhkan dalam toprocks. Sedang untuk melakukan power moves, kekuatan fisiklah yang terutama harus diperhatikan. Umumnya, Anda akan berdecak kagum saat seorang breaker melakukan aksi handstand (berdiri di atas tangan, dengan posisi kepala di bawah dan kaki menjulang lurus ke atas). Untuk menarik perhatian, para penari akan mempertahankan posisi ini selama beberapa detik dengan gerakan freeze. Aksinya akan ditutup dengan melakukan suicide. Bukan bunuh diri dalam arti yang sebenarnya, layaknya Curt Cobain dalam konser Nirvana yang terakhir, melainkan berupa gerakan pura-pura terjatuh.

B-boy atau b-girl harus berlatih keras dalam gerakan suicide untuk mengurangi skala sakit yang akan mereka terima pada saat tubuhnya jatuh ke bawah. Bila Anda menjumpai seorang anak atau orang yang sering berpura-pura pingsan untuk menghindari wajib hadir dalam suatu upacara, maka bisa dipastikan, bahwa orang atau anak tersebut memiliki bakat terpendam menjadi seorang breaker. Tertarik menjadi salah satu dari mereka? Komunitas-komunitas tersebut akan selalu welcome, kok, untuk menerima anggota baru.

(*Dari Berbagai Sumber)

SHARE