Keindahan Alam dari Dalam Rumah

0
54

.Mempercantik rumah tidak hanya dapat dilakukan dengan menggantungkan pajangan di dinding atau meletakkan patung-patung di sudut rumah. Rumah Anda bisa lebih terlihat manis dan asri dengan membuat sebuah taman di dalamnya.

Buatlah inner court, yaitu taman yang terbuka, tidak tertutup oleh atap di atasnya. Hal ini akan ‘membukakan’ jalan bagi udara alam dan cahaya matahari masuk pada siang hari. Penempatan taman ini berlokasi tepat di tengah-tengah dalam ruangan rumah.

Taman yang akan dibuat tidak perlu terlalu besar. Kecil saja. Buatlah dengan ukuran kira-kira 1×1 meter, 1×2 meter, atau 2×2 meter. Tidak adanya atap, mungkin akan membuat Anda resah manakala hujan. Anda bisa memasangkan atap yang terbuat dari kaca fiber transparan di atas taman. Atap yang transparan membuat cahanya matahari tetap dapat masuk ke dalam. Selain itu, jangan lupa untuk membelikan celah yang agak lebar untuk melancarkan pertukaran sirkulasi udara.

Anda tidak harus mengisi taman tersebut dengan tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Hal ini tentu saja akan membuat ‘sesak’ taman kecil yang baru saja terbentuk. Pergunakanlah lahan yang ada untuk mengisinya dengan jumlah bebatuan dan kerikil yang akan mendominasi. Atau bisa juga dengan menciptakan kolam imut dengan tanaman air, seperti lotus, di dalamnya.

Meski tidak luas, Anda tetap harus memperhatikan jarak ‘penghuni’ taman yang satu dengan lainnya agar tidak terlalu berdekatan. Jangan sampai berdesakan. Berikan ventilasi yang besar, jendela kaca yang besar. Bila Anda menginginkan agar taman tersebut terpisah dari ruangan lain yang ada di dalam rumah, maka Anda harus membatasinya dengan sebuah pintu geser, yang akan terbuka lebar menuju ke dalam taman. Semua ini dilakukan agar udara di dalam rumah tidak menjadi lembab dan gelap pengap.

Keuntungan lain selain atmosfir yang sehat dan cahaya matahari langsung yang masuk ke dalam, memiliki taman di dalam rumah dapat mengesankan rumah terlihat lebih luas dan dapat menjadi tempat pertemuan yang nyaman untuk berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

Memiliki taman juga bisa menjadi mainan baru bagi Anda. Anda boleh menempatkan pot-pot kecil di atas taman dan menambahkan kursi-kursi taman yang berukuran kecil. Bila suatu hari nanti Anda bosan dengan benda-benda tersebut. Anda bisa memindahkannya dari taman dan menggantinya dengan yang baru. Suasana akan menjadi semakin redup dan menyejukkan dengan memasangkan lampu remang-remang di sudut-sudut atau di bagian tengah taman.

Bagaimana? Jadi betah, kan, berlama-lama di rumah?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE