Remarkable Current Menghidupkan Hard Rock Cafe!

0
56

.”Bismillah! Bismillah! Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh!” sapa Erik Rico sesaat setelah menginjakkan kaki di atas panggung bersama Tyson, Kumasi, dan DJ Anas Canon. Keempat sekawan ini tergabung dalam satu grup hip-hop bernama Remarkable Current.

Remarkable Current (RC) menghebohkan Hard Rock Cafe, Jakarta pada Kamis malam, 23 September 2010 lalu. Malam itu Hard Rock Cafe Jakarta bekerjasama dengan kedutaan Amerika menggelar event “Indonesian Hip-Hop Tour 2010” dengan konser tunggal oleh RC. Selama dua jam, Anas Canon (DJ, eksekutif produser, sekaligus pendiri RC), Tyson dan Erik Rico (vocal), serta Kumasi (drummer, backing vocal) menghibur pengunjung. Nurul – seorang mahasiswi yang duduk di tingkat dua di salah satu universitas di Jakarta – berkomentar sambil berteriak kegirangan bersama teman-temannya, “Acaranya seru banget! Keren!”

Program Seni Pertunjukan Amerika (The Performance Art Initiative program) menunjuk RC sebagai duta Hip-Hop mereka. Fokus kepada budaya musik orang-orang Amerika beragama Islam, Amerika ingin memberikan kesempatan kepada dunia untuk mendengar dan menyaksikan sendiri sudut pandang orang-orang Amerika mengenai masalah seni dan kebudayaan, khususnya kaum Muslim Amerika sebagai kaum minoritas.

Beragama muslim, mempunyai jiwa musik, dan berkewarganegaraan Amerika membuat RC menjadi ikon yang tepat untuk menjalankan program ‘diplomasi Hip-Hop’ yang dicanangkan Amerika. Melalui lirik-lirik lagunya, RC seolah ingin mengatakan, bahwa Amerika dan Islam bukan sesuatu yang eksklusif dan bahwa Amerika dan Islam adalah satu bagian, yang tak terpisahkan. Hip-Hop Tour yang berlangsung di Indonesia ini akan diadakan di empat kota berbeda, yakni Jakarta, Padang, Medan, dan Surabaya.

Embrio RC terbentuk pada tahun 2001. Awalnya, empat pemuda berkulit hitam Amerika ini hanyalah sekumpulan teman yang sering bermain dan berkumpul bersama. Ikatan di antara mereka semakin kuat, karena adanya kesamaan dalam mencintai musik, seni, dan kepemilikan dalam tradisi Islam-Amerika. Kepiawaian RC dalam bermusik terbukti saat mereka menghentakkan panggung Hard Rock Cafe, Kamis malam itu. Konsep reggae, funk, blues, rock, jazz, rap, dan tentu saja hip-hop bercampur menjadi satu, yang dapat dipastikan akan membuat badan tidak mau berhenti bergoyang mengikuti beat. Nggak mau pulang, pokoknya!

(Cecilia)

SHARE