Mengupas Sedikit Buku 99 Tokoh Olahraga Indonesia

0
41

.Apakah Anda sudah memiliki atau membaca buku 99 Tokoh Olahraga Indonesia, Catatan Satu Abad (1908-2008) ? Buku ini berisi tentang kisah perjalanan tokoh-tokoh berprestasi dan berjasa di Indonesia.

Dunia olahraga Indonesia bermula dari Ir.Soeratin mempelopori pendirian Persatuan Sepak Raga  Seloeroeh Indonesia yang berubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia hingga sekarang. Beliau berjuang mempersatukan bangsa di tengah himpitan ideologi penjajahan Belanda melalui organisasi olahraga tersebut meskipun latar belakangnya bukan seorang atlet.

Buku ini juga mencakup kisah bagaimana Indonesia dijuluki sebagai “Macan Asia” pada tahun 1950 hingga 1960-an. Sekarang rasanya Indonesia tidak ada artinya bagi dunia olahraga dunia. Masih banyak kisah lainnya seperti Widodo Sosrodiningrat menyatukan pemimpin olahraga ke dalam PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia), terbentuknya KOI (Komite Olimpiade Indonesia) hingga sepak terjang Rita Suwobo sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dari buku tersebut kita juga bisa membaca tentang kejayaan olahraga Indonesia saat Presiden Soekarno membangun Gelora Bung Karno (Sempat berubah nama menjadi Gelora Senayan di zaman Presiden Soeharto) dan Kompleks Olahraga Senayan ditengah-tengah kesulitan rakyat Indonesia saat itu dan Indonesia menjadi runner up Asian Games 1962 sekaligus tuan rumah dipesta olahraga yang diikuti 17 negara tersebut.

Nah, sekarang apakah Anda akan menghargai perjuangan para tokoh olahraga Indonesia dan segala bentuk perjuangannya untuk keharuman nama bangsa dan negara?

(sumber : antaranews)

SHARE