Bahkan Air Putih Bisa Membunuh

0
56

.Sering kita mendengar istilah banyak banyak minum air putih. Memang kekurangan air putih akan membuat tubuh kita yang sebagian besar adalah cairan menjadi dehidrasi. Namun ternyata, terlalu banyak minum air putih justru bisa membunuh kita. Loh, kok bisa ya?

Pada kondisi seseorang yang sedang lelah, semisal sehabis olahraga, biasanya langsung menenggak air putih dalam jumlah yang banyak dan seringkali tanpa kontrol. Hal ini berbahaya, karena pada saat itu, tubuh sedang bekerja keras, dan kinerja ginjal berkurang. Pasokan air putih dalam ginjal tidak bisa keluar sebanyak yang ditambahkan, sehingga kemudian oleh ginjal ditambahkan ke dalam darah. Darah kemudian menjadi terlalu encer, dan kandungan sodium berkurang. Kondisi ini disebut dengan hyponatremia. Kelebihan air ini kemudian akan diserap oleh sel sel tubuh, demikian pula dengan sel otak. Otak membengkak karena tekanan darah naik. Otak yang membengkak ini tertahan oleh tengkorak kepala, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada banyak tempat.

Minum air terlalu banyak juga bisa menyebabkan keracunan air, dimana air terlalu banyak di dalam tubuh, sehingga nutrisi lain di dalam tubuh menjadi terlarut dan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Semua kerusakan ini bisa menyebabkan stroke karena tekanan darah yang tinggi, koma, kebutaan dan bahkan kematian. Semua karena tekanan air yang sangat besar dalam tubuh. Jadi lebih baik hati hati, pastikan jumlah air yang anda minum tepat, tidak lebih dan tidak kurang.

(dari berbagai sumber)

SHARE