Kunci Khusus di Hati Anda

0
47

.Kunci rumah jadul dan kuno tidak ada gunanya disimpan. Siapa bilang? Benda ini akan terlihat menarik, apabila Anda koleksi. Tentu saja tidak dengan asal mengumpulkan kunci-kunci tua, namun lebih dengan merawatnya.  
 
Kunci kos semasa Anda kuliah atau kunci kontrakan pertama yang mampu Anda sewa, akan menjadi barang sentimentil seiring waktu berlalu. Mulai banyak orang berpikiran untuk merangkai kembali kepingan-kepingan masa lalu mereka dengan mengumpulkan kunci-kunci tua, seperti kunci motor, buku diary semasa sekolah, lemari, hingga kunci celengan masa kecil.  Berawal dari sini, mengoleksi kunci menjadi keasyikan sendiri, bukan sekedar sebagai pengingat masa lalu. Murah, mudah diperoleh, dan berbentuk artistik menjadi alasan lain untuk menekuni hobi mengoleksi kunci ini.
 
Di Indonesia sendiri, mengoleksi kunci mungkin belum terlalu menjamur. Namun di negara-negara belahan barat, kunci menjadi barang berharga dan mengoleksinya merupakan kepuasan tersendiri. Antik. Itu menurut mereka. Mereka mempunyai forum khusus pecinta kunci dan situs-situs yang membahas kegemarannya mengkoleksi  benda tersebut.
 
Bangsa Mesir merupakan penemu dan pencipta kunci. Empat ribu tahun sudah kunci ‘lahir’. Kunci pertama yang diciptakan oleh bangsa Mesir terbuat dari kayu. Karena tidak kuat, bahan pembuatan kunci berubah menjadi logam. Perunggu merupakan logam yang tepat untuk pembuatan kunci, karena tidak akan mudah berkarat.

Hobi yang mayoritas dilakoni oleh anak kecil ini, berlanjut hingga mereka dewasa. Mengoleksi sesuatu tentu harus mengerti benar seluk beluk tentang benda tersebut. Jangan pernah menyimpan kunci-kunci Anda di sebuah kotak atau rak, yang dapat membuatnya bersinggungan dengan benda lain berbahan dasar sama, logam. Logam yang sering bersentuhan akan cepat berkarat.

Pantang menyerah adalah cara yang paling tepat dalam menekuni hobi ini. Cari dan dapatkan kunci-kunci antik di segala tempat, online maupun langsung mendatangi tempatnya. Tempat-tempat yang menjual kunci tentu saja toko-toko perkakas, peralatan rumah tangga, dan toko khusus barang antik. Secara online, Anda bisa mendapatkan dan saling menukar kunci di Heart’s Delights Antiques dan House of Antique Hardware. Lebih mantap lagi, bila Anda mendaftarkan diri ke dalam klubnya.

Berusaha mendapatkan kunci dengan desain unik, artistik, dan umur yang sangat tua merupakan tantangan tersendiri. Ada berbagai macam jenis kunci. Kunci berbentuk kerangka, kunci tipe Victoria, dan masih banyak lagi. Bila menurut Anda tipe kunci-kunci tersebut kurang menarik. Mungkin Anda bisa mengoleksi kunci hati banyak orang? Untuk menggeluti hobi yang terakhir ini, Anda harus siap mental menerima caci maki dari banyak lawan jenis.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE