Samsung Galaxy Tab VS Apple iPad

0
32

.iPad sudah punya tandingan dalam kategori tablet PC. Sebelumnya memang sudah ada kompetitor seperti aPad keluaran iRobot dengan harga yang jauh lebih murah dari iPad dengan aplikasi Android Market.

Samsung dengan Galaxy Tab-nya pun dipasarkan untuk menjadi kompetitor iPad dengan fitur unggulan Android Market yang notabene bisa diperoleh secara gratis dan layar yang lebih kecil.

Apple iPad

Kelebihan
Tablet PC keluaran Apple ini memang menjadi fenomena dengan tampilannya yang keren didukung oleh akses ke 25 ribu aplikasi khusus Apple tablet. Selain itu juga bisa digunakan dengan keyboard tambahan untuk memudahkan penggunaannya. iPad juga didukung dengan jaringa 3G data dan Wi-Fi.

Kekurangan
Ada kelebihan tentu juga ada kekurangannya (hanya di AS), jika Anda adalah pribadi yang aktif dan membutuhkan koneksi data 3G, Anda harus berlangganan akses data dari AT&T dengan harga US$25/ bulan “hanya” untuk kuota data 2GB.

Bagi beberapa pengguna, iPad juga dianggap cukup berat dan akan sangat pegal sekali ketika menggunakannya sambil berbaring ditempat tidur.

Samsung Galaxy Tab

Kelebihan
Dengan Samsung, aplikasinya lebih “terbuka” karena menggunakan Android 2,2/ Froyo. Pada kenyataannya Froyo bukan untuk penggunaan tablet PC, tapi berjalan normal saja pada Galaxy tab seperti pada ponsel pintar Samsung Galaxy. Layarnya hanya 7 inci, 3 inci lebih kecil dari iPad dan tidak seperti tablet Android lainnya, Galaxy Tab didukung dengan Android Market dimana Anda bisa mengunduh aplikasi-aplikasi secara gratis.

Bentuknya juga kecil dan ringan, mempunyai kamera di depan dan belakang yang didukung oleh jaringan 3G video dan data tidak seperti iPad yang hanya didukung 3G data.

Kekurangannya
Sedangkan kekurangan dari Android Market adalah mereka tidak punya banyak aplikasi yang mendukung tablet PC. Tentu saja tidak akan menjadi masalah besar dari layar 4,3 inci ke layar 7 inci tapi akan lebih ideal kalau memang ada aplikasi khusus tablet PC.

Terserah Anda
Perbandingannya sudah ada, baik kelebihan dan kekurangannya. Sisanya adalah keputusan Anda ingin memilih mana yang lebih berguna untuk Anda. Harga keduanya relatif sama, sekitar Rp.7 juta – 8 juta. Bagi penggemar MacIntosh tentu saja akan langsung memilih iPad tanpa pikir panjang, sedangkan penggemar non-Mac, Anda bisa memilih Samsung Galaxy Tab yang bisa Anda gunakan sebagai ponsel dengan layar 7 inci.

(Sumber: PCWorld)

SHARE