Trik Asyik Biliar

0
599

.Berterimakasihlah kepada Perancis. Berkat salah seorang warga dari negara ini, kini Anda bisa menikmati permainan sekaligus olahraga biliar. Sudah sejak berabad-abad yang lalu manusia memainkannya. Terbayangkah di benak Anda, mungkin seorang Cleopatra menghabiskan waktu bermain biliar dengan para budaknya? Berasal dari kata billart, yang berarti stick atau tongkat, permainan ini disebut-sebut sebagai saudara kembar olahraga kricket. Bedanya, bila kricket dilakukan di luar ruangan, maka biliar merupakan aktivitas indoor. Beberapa orang lainnya mengatakan, bahwa asal-usul kata biliar adalah kata bille yang berarti bola.

Bola dan tongkat pemukul. Sepertinya mudah memainkannya. Cukup menembakkan dan memukulkan tongkat pada bola putih ke bola yang dituju untuk dimasukkan ke dalam kantong. Memang itu inti permainannya. Namun apakah Anda benar-benar mengerti istilah-istilah tembakan (shot) dalam biliar? Atau selama ini Anda mengaku jago, tapi tidak tahu apa nama tembakan-tembakan yang sering Anda lakukan dan fungsi masing-masing tembakan?

Stop shot, draw shot, follow shot, English shot, dan bank shot adalah beberapa jenis tembakan yang dapat menjadi strategi dalam memenangkan permainan biliar, bila Anda mengetahui dengan benar kegunaan masing-masing tembakan pada situasi tertentu dan bagaimana melakukannya.

Sebagai seorang yang sering bermain biliar, Anda tentu tidak akan khawatir bola putih ikut masuk ke dalam kantong, apabila Anda bertujuan membidik dan memasukkan sebuah bola yang berjarak sudah sangat dekat dengan kantong. Tapi tidak untuk seorang pemula. Hal yang sering terjadi adalah bola sasaran berhasil dimasukkan, namun, sayangnya, bola putih pun ikut bergulir masuk menggelinding dengan mulus ke dalam kantong. Inilah saatnya mempraktekkan stop shot. Stop shot akan memberhentikan bola putih di tempat sesaat setelah dia mendorong bola sasaran ke depan. Hal ini mencegah bola putih ikut bergerak maju menuju kantong. Rahasianya sederhana saja, arahkan ujung tongkat pemukul pada bagian tengah bola putih. Setelah tepat di tengah, turunkan ujung tongkat ke bagian bawah bola putih. Saat memukul, hentakkan dengan kuat. Ayunkan lengan dengan cepat kembali ke arah belakang segera setelah mendorongnya ke depan.

Memiliki teknik dan cara memukul yang sama dengan stop shot, draw shot pun akan membidik tepat di tengah-tengah bagian bawah bola putih. Perbedaan ada pada efek yang ditimbulkan tembakan ini. Draw shot dilakukan untuk membuat back spin pada bola putih, sehingga setelah ditembakkan maju ke depan mengenai bola sasaran, ia akan kembali berputar ke titik awalnya pada waktu dipukul ujung tongkat. Untuk menghasilkan gerakan ini, dibutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan saat melakukan stop shot, terlebih bila jarak antara bola putih dan bola sasaran jauh.

Untuk memenangkan permainan biliar, Anda harus pintar melihat dan menempatkan bola putih di tempat yang paling tepat, agar dapat membidik bola sasaran berikutnya dengan akurat dan sesuai rencana. Setelah memasukkan bola nomor tiga, Anda berencana membidik bola empat. Posisi bola putih pada saat membidik bola empat nanti akan menentukan masuk tidaknya bola tersebut ke kantong atau tidak. Terkadang, Anda cukup membuat bola putih terus bergulir maju mengikuti bola sasaran yang pertama untuk mendapatkan posisi yang tepat dalam membidik bola sasaran berikutnya. Follow shot adalah kuncinya. Arahkan ujung tongkat pemukul di tengah-tengah bagian atas bola putih. Jangan menarik kembali lengan ke belakang setelah menembakkan bola putih ke arah bola sasaran. Ini akan membuat bola putih terhenti atau kembali ke titik awalnya seperti pada stop shot atau draw shot. Kumpulkan tenaga dan pukul bola putih dengan lengan dilepaskan mendorong ke depan. Bola putih akan menggelinding maju mengikuti bola sasaran yang baru saja dikenainya.

Kesulitan memasukkan bola sasaran ke dalam kantong adalah apabila di depannya terdapat bola lain yang menghalangi. Untuk itu, Anda harus memberikan efek pada tembakan English shot Anda. Efek kanan membuat bola sasaran bergerak ke kanan, sebaliknya, efek kiri tentu akan menggerakkan bola tersebut ke kiri. Untuk membuat efek kanan, posisikan ujung tongkat pemukul di bagian tengah sebelah kanan bola putih. Pada saat bola putih mengenainya, bola sasaran akan bergerak ke kanan sesuai dengan efek yang dilakukan.

Memantulkan bola putih atau bola sasaran juga merupakan suatu trik tersendiri. Tembakan ini dinamakan bank shot. Kuncinya ada pada rail atau pinggiran meja biliar. Bidik bola dengan cara memantulkannya ke arah rail. Perhitungan matematika yang akurat dalam mengukur sudut menjadi kunci keberhasilan tembakan ini.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE