'Nongkrong' di Goa Gong

0
31

.Wajar, bila dalam hati Anda terbersit kekhawatiran dan keengganan untuk jalan-jalan ke suatu goa, karena takut keruntuhan dan tertusuk stalactite dan stalagmite. Namun, justru stalactite dan stalagmite inilah yang menjadi pemikat orang untuk terus datang mengunjungi goa. They’re beautiful, right? Admit it!

Goa Gong merupakan salah satu goa yang dapat menawarkan keindahan alam seperti disebutkan di atas. Terletak di Jawa Timur, goa Gong berjarak kurang lebih 30 kilometer dari kota Pacitan. Desa Bomo di kecamatan Punung merupakan lokasi keberadaan goa ini.

Wisata alam ke goa Gong akan menjadi agenda yang menyenangkan. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar empat ribu Rupiah, Anda sudah bisa menikmati kreasi Tuhan. Goa ini tidak gelap seseram bayangan Anda. Akibat kedalamannya yang mencapai 256 meter, beberapa bagian memang tidak mendapat sinar matahari, namun kini sudah mendapat bantuan penerangan berupa lampu berwarna-warni, sehingga bebatuan terlihat lebih eksotik. Orisinilitas masih dapat diandalkan, mengingat terbentuknya beberapa kolam secara alami di sana, seperti kolam Rogo, Panguripan, Jiwo, Kamulyan, dan Ralung Nisto.

Kesan alami lebih bisa dirasakan, bila Anda membawa obor sendiri dengan menyewanya. Seperti pada acara uji nyali di beberapa program televisi nasional, berjalan menyusuri lorong goa dengan hanya berbekal obor benar-benar mendebarkan.

Konon katanya, goa ini dinamakan sesuai dengan salah satu alat musik gamelan adalah karena beberapa warga sekitar kerap mendengar alunan musik gamelan yang berasal dari goa tersebut, namun anehnya tidak ada sekelompok atau bahkan seorang pun yang sedang berada di sana dan memainkan alat musik gamelan.

Kesan mistik masih kuat melekat pada tempat wisata alam ini. Dari 12 ruangan yang terdapat di dalamnya, terdapat satu ruangan yang menjadi lokasi penampakan munculnya sesosok bayangan seorang perempuan cantik. Perempuan ini beberapa kali melintas sekilas di depan orang dan menghilang begitu saja. Untuk itu, ruangan tersebut dinamakan Sendang Bidadari.

Buktikan sendiri keelokan dan sisi misterius goa Gong!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE