Memilih Teman Perjalanan yang Tepat

0
22

.Travelling sendirian akan memakan banyak biaya. Lebih menguntungkan, bila Anda pergi berdua atau bertiga. Intinya, Anda memiliki teman dalam melakukan perjalanan tersebut. Semua bisa Anda bagi bersama. Biaya penginapan, makan, transportasi bisa lebih ringan bila ditanggung bersama.

Memiliki teman seperjalanan akan menjadi bumerang, bila Anda salah memilih orang. Hal pertama yang harus Anda selidiki darinya adalah apa dia memiliki banyak kesamaan dengan Anda? Anda gemar sekali menjajal tempat-tempat makan baru dan menjajal makanan-makanan aneh. Ada baiknya Anda mendapat teman, yang sama uniknya dengan kegemaran Anda tersebut. Tempat yang akan dituju tidak akan bertolak belakang dengan Anda, hari yang dilalui pun akan semakin meriah dengan adanya teman seperjalanan yang sehati.

Tidak perlu mencari seseorang yang perfeksionis dalam hal ini. Anda bukan sedang mencari orang yang tepat untuk mengisi sebuah posisi di kantor Anda. Ajak saja orang yang praktis dan santai untuk menemani Anda bepergian. Fisik dan hati akan terasa lebih cepat lelah, bila teman seperjalanan Anda sering mengeluh karena badannya bau akibat banyak berkeringat setelah berjalan jauh. Belum lagi sikapnya yang selalu saja merasa jijik dengan tempat makan yang Anda pilih, akibatnya tempatnya yang tidak terlalu bersih. Anda tentu tidak ingin hal ini merusak rencana bersenang-senang Anda, bukan?

Backpacking atau bepergian dalam segala kemewahan sepenuhnya menjadi hak Anda untuk menentukannya. Semua tergantung pada keadaan ekonomi Anda dan teman Anda, tentunya (jangan lupa, bahwa Anda tidak sendirian). Tidak ada gunanya, bila di tempat yang Anda tuju, Anda selalu sendirian mengunjungi tempat-tempat wisata dan pulang ke penginapan tanpa seorang pun menemani. Then, what’s the point of having a travel-mate? Usahakan sebelum berangkat, Anda dan teman telah sepakat mengenai batasan biaya sedetil apa pun selama bepergian nanti.

Bicarakan apa pun yang bisa menjadi masalah selama di perjalanan nanti. Minta agar teman dapat saling terbuka dengan Anda dalam mengutarakan keinginannya dan ketidaksetujuannya sehubungan dengan hal-hal yang menyangkut perjalanan Anda dan dirinya. Contoh, menentukan tempat yang ingin dikunjungi. Bila Anda atau teman ingin mengunjungi suatu tempat tidak lebih dari dua jam di sana, maka masing-masing harus menerima, bila mereka ditinggalkan, akibat melebihi waktu yang telah diutarakan sebelumnya.

Sebelum membeli sebuah mobil, biasanya Anda akan melakukan test drive terlebih dahulu agar tidak kecewa di kemudian hari dan agar benar-benar mantap untuk memiliki mobil tersebut. Hal ini dapat Anda praktekkan dalam memilih teman dalam bepergian jauh untuk mengisi liburan. Sebelum mengajaknya ikut serta menapaki negeri orang, lebih baik mengujinya dahulu dengan mengikutsertakan dia melewati akhir pekan di sebuah villa bersama teman-teman yang lain. Coba dekati dia. Rasakan interaksi yang terjadi di antara Anda berdua. Bila segala sesuatu berjalan lancar sesuai harapan Anda, maka mungkin Anda sudah berhasil menemukan travel-mate Anda.

Hanya satu yang Ghiboo pesan, oleh-olehnya, donk!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE