Say Hello to Envira

0
32

.Petualang sejati seperti Anda mungkin akan merasa jenuh, bila waktu yang Anda miliki habis untuk berputar-putar mengunjungi tempat yang satu ke tempat yang lain. Kebudayaan-kebudayaan dan tradisi unik dari masing-masing daerah menjadi daya tarik untuk Anda. Namun tahukah Anda, hal yang jauh lebih menarik dari itu? Mengunjungi suku primitif…
 
Jangan mengharapkan sambutan hangat dari ketua suku saat Anda mendatangi mereka. Hal yang jelas akan terjadi begitu Anda menginjakkan kaki di atas tanah mereka adalah tombak dan senjata-senjata yang mereka arahkan kepada Anda. Tapi seru, lho! Berani?
 
Bila Anda sudah memasrahkan sepenuh hati kelangsungan hidup dan nyawa Anda kepada Tuhan, tentu Anda tidak akan berpikir dua kali untuk menjelajah ke hutan Amazon, tepatnya di dekat perbatasan Brazil dengan Peru. Layaknya Dora sang petualang, rasakan pengalaman baru ‘berkenalan’ dengan suku primtif Envira.
 
Ditemukan pada tahun 2008 lalu, Envira dinyatakan sebagai salah satu dari 100 suku primitif di dunia, yang sama sekali belum terjamah oleh ‘kehidupan’ dan kemajuan zaman. Penduduk suku Envira tidak banyak. Hanya terdapat 20 pondok sederhana dan kumuh yang ada dalam ‘perkampungan’ mereka.
 
Tidak mengenal dunia luar selain kehidupan suku mereka sendiri, melihat manusia lain tentu membuat suku tersebut merasa terancam. Saat terancam ini, mereka akan mewarnai seluruh tubuh mereka hingga menjadi oranye. Mengusung tombak dan panah, Envira siap membunuh ‘musuh’ mereka.
 
Hidup terpencil tidak membuat mereka sakit-sakitan. Jangan salah. Tubuh suku primitif ini justru kekar dan terlihat sangat sehat. Pakaian yang mereka kenakan bukan seperti manusia modern pada umumnya. Organ kemaluan adalah satu-satunya bagian yang mereka tutupi seadanya dengan bentuk seperti pemain sumo. Rambut yang dibiarkan memanjang membuat mereka terlihat semakin liar. Bila Anda pernah menonton film Avatar, tentu Anda sudah bisa membayangkan seperti apa suku Envira itu. Bedanya, Envira sengaja mewarnai tubuhnya menjadi oranye, bukan biru.
 
Kehidupan suku primitif seperti Envira kini menjadi bagian dari kebudayaan Brazil. Disukai atau tidak, disadari atau tidak.
 
(*Dari berbagai sumber) 

SHARE