Desain Tanpa Sudut

0
34

.Saat ini sebuah desain tidak lagi memiliki sudut-sudut, tapi lebih menyerupai sebuah alur yang lembut dan mulus, dan energi yang ditimbulkan terasa murni. Semua ini bisa ditemukan dalam bentuk tempat duduk yang menawan, atau pada pernak-pernik hiasan, yang terlihat sangat lembut dan indah.

Arsitek legendaris Antonio Gaudi, yang merancang kediaman Batlo atau Guell Park di awal tahun 1900 di Barcelona, menuangkan sebuah energi yang ditimbulkan dari struktur lekukan-lekukan. Proyek ini mampu  menyerap dan mengembalikan kekuatan alam semesta dengan simbol yang sangat ekspresif.

Permainan lekukan meyiratkan melodi alami yang begitu harmonis dan hidup, sangat bertolak belakang dengan garis-garis lurus, yang terkesan kaku. Berdasarkan semua itu, arsitek Antti Lavag membangun kompleks Maison Gandet di Prancis di tahun 1970.

Terinspirasi oleh bentuk organik, yang dapat memberikan kekuatan dan ketenangan pada penghuninya, kompleks ini terdiri dari bangunan-bangunan mungil, yang berbentuk bulat sehingga kesan pertama lebih menyerupai kapsul-kapsul yang lucu.

Saat ini, arsitektur modern lebih mengombinasikan bentuk lekukan dan bulat untuk dijadikan sebagai unsur teknologi yang menantang. Salah satu contohnya adalah gedung Turning Torso, yang terdiri dari 45 lantai oleh Santiago Calatrava, terletak di tengah Malmo, Swedia.

Bagian luar gedung Turning Torso dibalut oleh kaca dan aluminium, Calatrava seolah melilit dirinya sendiri pada sebuah area berdiameter 10 meter di tengah-tengah bangunan tersebut.

Karya lain dari Calatrava, yang sedang dibangun adalah stasiun Mediopadana di daerah Raggio Emilia, menyuguhkan sebuah struktur dari baja, yang saling menumpuk, sehingga terlihat bagaikan gulungan ombak yang bergerak.

Sedangkan di Torino akan dibangun sebuah perpustakaan, yang dirancang oleh Mario Bellini, dengan permainan balkon dan ruangan yang nyaman.

(sumber: Bravacasa Indonesia)

SHARE