Obama Diharapkan Setujui Dana NASA

0
28

.Presiden Barack Obama diharapkan menandatangani surat keputusan untuk penambahan dana NASA yang tujuannya untuk pengembangan misi kapal ulang alik, pengembangan taksi ruang angkasa komersil dan roket angkasa luar, begitulah yang dikutip Reuters dari agensi wakil administrasi hari Kamis kemarin.

Penetapan anggaran tersebut sudah melalui Senat dan DPR dengan perolehan suara 304 dan 118 hari Rabu lalu. Lori Garver, Wakil Administrasi NASA mengatakan bahwa Presiden diharapkan menandatangani hal ini 10 hari ke depan. Penundaan anggaran $19 juta tersebut menuggu dua pemilihan pada bulan November mendatang. Hingga saat itu, NASA harus beroperasi melanjutkan proyek yang sudah berjalan, sama seperti badan pemerintah lainnya.

Kongres menentang rencana Obama untuk mengakhiri program sebelumnya, perjalanan ke Bulan dengan perjalanan ke asteroid tahun 2025 misalnya. Obama mengubah NASA menjadi pelayanan komersil Stasiun Ruang Angkasa merupakan rencana yang penuh pertentangan. Namun rupanya Obama masih didukung oleh Kepala NASA, Charles Bolden. “Rencana ini merupakan perubahan yang penting dan akan membantu meningkatkan industri ini di masa depan untuk perkembangan ekonomi jangka panjangnya.”

Ada lima perusahaan yang bekerja sama dengan NASA dengan nilai total kontrak P juta untuk pengembangan kru komersil, yaitu Blue Origin, Boeing Co., Paragon Space Development Corp., Sierra Nevada Corp., dan United Launch Alliance dengan nama Boeing-Lockheed Martin.

Sebelum perusahaan komersil sanggup menerbangkan orang awam, NASA masih akan membayar Rusia sebesar $50 juta/ orang untuk transportasi krunya. Pesawat ulang aliknya saat ini sedang diparkir di hangar karena biaya pengoperasiannya sangat tinggi, sekitar $3 juta/ tahun.

(sumber: Reuters.com)

SHARE