Cina Luncurkan Satelit II ke Bulan

0
31

.Cina luncurkan satelit penjelajah bulan yang kedua hari Jum’at lalu. Satelit bulan Chang’e 2 ini diluncurkan jarak jauh dari Sichuan, provinsi yang terletak di barat daya Cina beberapa detik sebelum jam 19. Menurut media lokal hari itu Cina juga sedang merayakan 61 tahun paham Komunis Cina.

Kantor berita Xinhua mengutip dari kepala tim perancang satelit Wu Weiren mengatakan,”Chang’e 2 dirancang untuk mendarat dengan baik di bulan dan penjelajahan luar angkasa”. “Satelit tersebut berjalan lebih cepat dan mendekat ke bulan dan diharapkan mengambil gambar lebih baik.”
  
Chang’e diharapkan dapat terbang semakin dekat k bulan dengan jarak terdekat 15 km (9,3 mil) untuk mengetes kemampuan dan teknologi dengan tujuan pendaratan tanpa awak tahun 2013. Stasiun televisi lokal menunda pemberitaan perayaan Hari Nasional di lapangan Tianamen, pusat kota Beijing demi mendapatkan gambar langsung peluncuran satelit Chang’e 2 ke bulan.

Hasil foto Teluk Pelangi bulan yang diambil Chang’e 2 nantinya akan digunakan untuk pendaratan satelit berikutnya, Chang’e 3. Saat ini Cina sedang bersaing dengan Jepang dan India untuk penjelajahan ruang angkasa secara mendalam.

Cina sedang berlomba dengan Amerika dan Rusia dalam penjelajahan ruang angkasa. Nama Chang’e diambil dari tokoh mitologi Dewi Cina yang terbang ke bulan. Pendaratan mulus Chang’e 2 ke bulan akan membuat Cina, negara ketiga setelah Amerika dan Rusia yang berhasil mendaratkan roket beserta awaknya ke bulan. Cina pertama kali mendaratkan astronotnya di tahun 2003, tahun 2005 Cina mengirimkan dua orang ke orbit dan tahun 2008 menapaki ruang angkasa.

Menurut badan terkait, Cina mentargetkan mendaratkan awaknya di bulan antara tahun 2025-2030, seperti yang dilansir media tahun lalu. Cina pertama kali meluncurkan satelitnya ke bulan, Chang’e 1 pada bulan Oktober 2007.

Kapan ya Indonesia bisa kirim astronot ke ruang angkasa?

(Sumber: Reuters.com)

SHARE