"Menembak" Pesawat dari Ponsel

0
36

.Sebuah aplikasi ponsel seharga kurang dari 2 euro bisa mengetahui dengan pasti lokasi pesawat terbang di udara dan bisa menjadi ancaman teroris. Begitulah menurut seorang staf keamanan. Kecanggihan teknologi saat ini, memudahkan kita bisa mengunduh aplikasi The Plane Finder AR untuk ponsel pintar iPhone dam pengguna Andorid-nya Google untuk menemukan sebuah pesawat yang mengudara melalui ponselnya. Aplikasi tersebut menampilkan nama maskapai, nomor penerbangan, tujuan dan rutenya.

Program ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan di Inggris dan dijual hanya seharga 1,79 euro melalui toko online Apple dan bisa berpotensi membantu teroris untuk menemukan targetnya dengan langsung menembakkan rudal atau misil.

Department of Homeland Security Amerika sedang memikirkan bagaimana caranya untuk melindungi awak dan penumpang dalam penerbangan. Dengan adanya aplikasi ini mereka mengembangkan aplikasi yang disebut Automatic Dependent Surveillance – Broadcast (ADS-B) yang frekuensinya dipancarkan oleh penumpang melalui sistem pencarian satelit menggantikan radar.

Sayangnya sistem pengendali lalu lintas udara Inggris dan Eropa belum bisa mengadopsi sistem tersebut di semua armadanya. Sejak kejadian 11 September 2001 lalu, pejabat senior FAA memperingatkan bahwa teknologi tersebut masih rentan terhadap gangguan teroris.

Pinkfoot, perusahaan yang membuat aplikasi tersebut bekerja sama dengan beberapa maskapi Inggris yang tertarik dan dilengkapi dengan penerima ADS-B dan mematok harga sekitar 200 euro untuk mendapatkan informasi dari pesawat dan mengirimkannya ke pusat data.

Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi ini tinggal mengarahkan ponsel kameranya ke atas dan bisa melihat posisi persis pesawat di cakrawala. Perusahaan yang berbasis di Southsea, Hampshire ini mengaku bahwa sudah lebih dari 2000 orang yang mengunduh Plane Finder AR dari iTunes sejak kemunculannya bulan lalu.

Kepala Departemen Transportasi mengatakan bahwa kemampuan mendeteksi letak pesawat bukanlah hal baru, yang baru hanya aplikasi tersebut yang bisa diakses oleh pengguna pribadi. Itu pun ada siaran tunda sekitar 30 detik. Kalau memang ada orang yang ingin menmbak jatuh pesawat, mereka perlu beli radar atau ADS-B.

(Sumber: dailymail.co.uk)

SHARE