Menumpahkan Perasaan di Gunung Bintan

0
28

.Gunung Bintan merupakan satu-satunya gunung yang dapat ditemukan di pulau Bintan, provinsi kepulauan Riau. Ketinggian gunung tersebut hanya mencapai 200 meter dari permukaan laut. Bila Anda melihatnya dari jauh, maka gunung Bintan hanya akan terlihat seperti bukit.

Untuk mencapai gunung Bintan, Anda harus menuju desa Bekapur terlebih dahulu. Di desa inilah gunung Bintan ‘bersemayam’. Letaknya berjarak sekitar 55 kilometer dari sang ibukota provinsi, Tanjung Pinang.

Banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk menempuh perjalanan menuju gunung ini. Mengendarai mobil juga bisa Anda lakukan. Sayang, mobil harus Anda tinggalkan di suatu tempat, bila Anda sudah mencapai desa Bekapur.

Mengingat jalan yang menghubungkan antara desa Bekapur dengan gunung Bintan merupakan jalan setapak, maka Anda hanya dapat melaluinya dengan berjalan kaki. Perjalanan ini sudah akan dimulai semenjak Anda menginjakkan kaki di pintu gerbang, tempat Anda mulai mendaki gunung tersebut. Puncak gunung baru akan dapat diraih setelah pendakian selama dua jam lamanya.

Melelahkan sekaligus mengesankan. Pemandangan yang menghibur Anda selama berada dalam jalur pendakian sangat indah dan asri. Berbagai macam pepohonan tropis akan menjernihkan mata Anda. Pohon-pohon inilah, yang menjadi jantung pulau. Mereka melindungi dan menjaga pulau agar tidak terjadi bencana erosi.

Selain flora, di sekitar pegunungan juga terdapat banyak binatang, seperti monyet, bajing, dan berbagai macam burung. Saat berada di puncak itulah kesempatan Anda untuk menyapu seluruh pandangan ke seluruh bagian pulau dan perairan yang ‘menyelimutinya’. Mengagumkan!

Setelah puas melepas lelah dan menikmati pemandangan dari atas puncak gunung, Anda bisa kembali turun ke desa Bekapur. Sempatkan waktu barang sejenak untuk mengunjungi air mancur yang berlokasi di lereng gunung. Selain cukup bersih untuk diminum, keindahannya pun memikat hati dan sekali lagi Anda bisa beristirahat menyegarkan kembali pikiran dengan melihat dan mendengarkan gemericik air terjun. Lovely!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE