Ngejot Pembawa Keharmonisan

0
66

.Siapa bilang di Bali cuma ada orang beragama Hindu saja? Orang Muslim pun mempunyai komunitas sendiri di sini. Tidak hanya komunitas, orang Muslim di Bali juga memiliki juga memiliki beberapa tradisi yang masih mereka lestarikan, misal Ngejot.

Budaya Ngejot masih banyak dipraktikkan warga Muslim di daerah-daerah terpencil di Bali. Ngejot diadakan menjelang Idul Fitri, yang menandakan berakhirnya masa bulan puasa. Di masa lampau, orang Muslim di Bali selalu memberikan dan berbagi makanan kepada pemeluk kepercayaan lain, menjelang Idul Fitri.

Meski tidak banyak lagi warga perkotaan yang melestarikan budaya ini, namun bukan berarti Ngejot musnah begitu saja. Masih terdapat segelintir orang di daerah perkotaan yang peduli dengan tradisi untuk peduli terhadap sesama tersebut.

Komunitas Muslim di daerah pedesaan, yang kerap melakukan Ngejot cukup membuktikan betapa dekatnya hubungan baik, yang terjalin di antara mereka dengan komunitas pemeluk agama Hindu di Bali. Sejak zaman kerajaan, para Muslim Bali telah memunculkan budaya Ngejot untuk kebaikan orang lain di beberapa tempat, seperti desa Pegayaman, kabupaten Buleleng; desa Budakeling, kabupaten Karangasem; desa Petang, kabupaten Badung; Kepaon; Serangan; Denpasar; dan desa Loloan di kabupaten Jembarana.

Saat warga Muslim Bali berbaik hati berbagi makanan kepada orang Hindu dalam rangka melaksanakan Ngejot, maka orang-orang Hindu di sana ‘membalas’ budi baik mereka dengan balik memberikan makanan pada hari raya Nyepi, Galungan, Kuningan, dan menjelang Nyepi.

Hal ini menunjukkan, bahwa hubungan dalam kehidupan sehari-hari di antara kedua belah pihak sangat dekat, hangat, dan baik, sehingga secara tidak langsung berimbas positif bagi keharmonisan hidup keanekaragaman budaya serta kepercayaan. Akulturasi antara kebudayaan Islam dan budaya lokal Bali dapat terlihat dari institusi kebudayaan yang dibentuk bersama-sama dengan lembaga kebudayaan Hindu. Tidak hanya dengan Hindu, Ngejot pun menciptakan keharmonisan antara Islam dengan agama-agama lainnya di Bali.

Ngejot ditambah zakat fitrah akan menambah kebahagiaan batin bagi Anda dalam menyambut Idul Fitri, bukan?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE