Logitech Revue, Revolusi TV ala Google

0
27

.Logitech International SA hari Rabu lalu merilis Logitech Revue, sebuah perangkat senilai $300 yang nantinya menjadi Google TV. Perangkat tesebut nantinya dapat digunakan untuk menonton televisi dan membuka internet. Untuk mendukung fitur ini, Google sudah menjalin kerjasama dengan HBO dan News Corp milik Time Warner Inc, bahkan dikabarkan pula Sony yang akan membuat dan menjual perangkat tersebut.

Namun menurut analis dari BGC Partners, Colin Gillis, harga tersebut terlalu mahal, konsumen pasti keberatan. “Perubahannya kecil. Seperti yang dikemukakan oleh Apple, alat seperti itu hanya $99. Jadi harganya mahal dan sebuah kotak lagi yang harus Anda sambungkan ke televisi.”

Bulan sebelumnya, Apple Inc sudah mengungkapkan sebuah alat Web-to-TV seharga $99 yang disebut Apple TV. Diharapkan bisa menandingi Google TV dan TV kabel untuk merebut ruang tamu penonton.

Selain Revue, Logitech juga meluncurkan perangkat pendamping untuk menunjang Google TV termasuk sebuah keyboard dan video. Google Inc sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan berbagai perusahaan media dan internet, seperti NBC/ Universal untuk program CNBC dan Amazon.com Inc untuk film dan seri TV video-on-demand.

Perangkat yang didukung oleh Google TV akan keluar bulan ini, situs pencari raksasa ini mengincar pasar para pengiklan TV sebanyak $70 milyar. Ternyata produk baru semacam ini membawa pro dan kontra, karena ada kekhawatiran dengan hadirnya TV yang bisa internet dapat mengganggu bisnis pertelevisian tradisional.

(Sumber: Reuters.com)

SHARE