Nyamannya Menonton Film di Rumah

0
33

.Berbicara tentang home theatre, pada saat sedang santai menonton film kegemaran, apakah Anda sudah merasa nyaman dengan sususan dan tata letak dalam hal pengaturan tempat duduk? Kasus yang sering terjadi, banyak orang telah terlanjur membeli rangkaian speaker canggih dengan tipe surround sound system, televisi layar datar, dan berbagai macam aksesoris, namun tidak mengetahui cara mengatur tempat duduk untuk melengkapi kesempuranaan ruangan. Ukuran home theatre yang Anda miliki dan kapasitas jumlah orang yang dapat menempati ruangan tersebut menjadi faktor penting dalam menentukan susunan tempat duduk yang Anda butuhkan.

Sebelum berbelanja, tentukan terlebih dahulu seberapa besar dan luasnya ruangan yang akan terpakai. Pada umumnya, pembuatan home theatre akan memakan banyak tempat dan akan menjadi sangat luas. Anda dan teman-teman Anda harus merasa lega saat duduk di dalamnya. Tidak boleh terkesan ‘sumpek’. Ukur ruangan tersebut beserta besarnya lorong tempat Anda nanti berjalan. Sisakan minimal 18 hingga 24 inci untuk lorong di depan dan belakang susunan tempat duduk.

Memiliki home theatre bukan berarti Anda bisa memanggil orang-orang se-RT (baca: Rukun Tetangga) untuk ditempatkan jadi satu dalam ruangan home theatre tersebut. Jangan menempatkan orang pada situasi di dalam kereta ekonomi pada jam-jam padat, ketika mereka ingin menikmati kenyamanan menonton film layaknya di bioskop. Pikir dan tentukan dahulu, seberapa banyak orang yang akan muat di dalam home theatre Anda tersebut nantinya. Bila mengingingkan ruangan besar untuk menampung banyak orang, maka Anda memerlukan tambahan ruangan sebagai lorong agar tempat terlihat menjadi lebih lega. Sedang untuk ruangan yang kecil, letakkan saja dua hingga empat kursi di dalam ruangan home theatre Anda.

Sesuaikan style yang akan dipadupadankan dengan dekorasi ruangan. Rangkaian tempat duduk untuk home theatre sama dengan perabotan rumah pada umumnya. Mereka juga memiliki macam warna, ragam kulit sebagai bahan, dan masih banyak lagi jenisnya. Tempat duduk yang biasa digunakan adalah yang terbuat dari vinyl atau kulit agar lebih tahan lama dan anti noda yang disebabkan oleh tumpahan makanan dan minuman yang dibawa ke dalam ruangan. Bila Anda bingung, pekerjakan saja seorang konsultan khusus home theatre. Mereka akan menyediakan berbagai macam katalog tentang warna, bahan, dan gaya yang bisa Anda pilih.

Saat merencanakan suatu kemewahan berbasis audio visual system, tentu Anda harus memperkirakan biaya yang dibutuhkan. Batasi anggaran Anda. Hal ini diperlukan juga dalam membeli tempat duduk. Tidak perlu berlebihan membuang uang, bila Anda hanya ingin menghibur seluruh keluarga atau teman-teman terdekat dalam jumlah yang tidak banyak dengan home theatre. Beli saja rangkaian tempat duduk yang murah. Tentu kualitasnya tidak begitu bagus, namun cukup untuk memberikan sebuah kepuasan. Lain halnya, bila home theatre yang Anda buat ini merupakan suatu strategi bisnis untuk menghibur klien atau untuk pesta-pesta kelas atas dengan tamu undangan kenamaan. Anggaran yang Anda sediakan harus jauh lebih banyak untuk mendapatkan tempat duduk yang lebih dari sekedar layak pakai.

Tempat duduk home theatre bukan sekedar sofa biasa, namun juga memiliki fasilitas yang menjadi satu di dalamnya. Pada area penyimpanan, Anda bisa memperoleh remote control dan berbagai macam barang. Kursi yang memiliki tempat untuk penempatan berbagai jenis minuman bisa sangat nyaman dan membuat para tamu santai dan menikmati setiap detik yang mereka habisakan di sana. Hal ini ditambah pula dengan fleksibilitas kursi yang dapat dinaikkan atau direbahkan untuk menyesuaikan kenyamanan Anda dalam menonton film, lengkap dengan tatakan kaki!

Untukapa Anda mengantri beli tiket, bila sudah memiliki bioskop sendiri di dalam rumah? Bukankah Anda juga sudah mengetahui trik-trik jitu untuk membuatnya setelah membaca artikel ini? It’s now show time!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE