Mengenal Sahabat Jauh, Uruguay

0
306

.Pernahkah Anda berkunjung ke Amerika Selatan? Bagi Anda yang penasaran, Ghiboo akan bercerita sedikit mengenai kebudayaan suatu negara yang terletak di sebelah tenggara Amerika Selatan, Uruguay.

Uruguay memiliki warisan istmewa dalam hal tradisi seni dan sastra. Percampuran budaya antara para penguasa yang ‘hilir-mudik’ ke negara ini dengan berbagai macam imigran telah menjadi semacam tradisi asal negara ini, yang berhasil menyatukan beragam perbedaan tersebut.

Negara ini telah berabad-abad lamanya berdiri dengan segudang kekayaan akan warisan arsitektur yang indah, sejumlah penulis, seniman, dan musisi hebat yang tidak perlu diragukan lagi kehebatannya. Bila negara-begara Eropa dinyatakan sebagai negara roman, maka Uruguay bisa disebut sebagai negara seni.

Bangsa Uruguay sangat gemar menghabiskan waktu dan bersenang-senang dalam pertunjukan seni di suatu teater. Mereka juga tidak akan bosan dengan segala hal berbau musik dan untuk memperkuat tarian-tarian tradisional bangsa mereka.

Beragam jenis dan bentuk kesenian ini banyak yang berakar dari Eropa. Seiring berjalannya waktu, kesenian-kesenian dan kebudayaan tersebut berevolusi dengan jiwa dan warna tradisi rakyat asli Uruguay. Mereka memasukkan unsur drama, konser, pameran, dan festival-festival ke dalamnya. Semua ini membuat Uruguay semakin ‘berwarna’.

Di daerah perkotaan, Anda akan banyak menemukan tarian tango. Kekuatan tarian ini terletak pada gerakan, musik, serta liriknya. Untuk bisa menari tango, Anda harus bisa memasukkan perasaan cinta, benci, dan nafsu ke dalam tiap gerakan.

Tango merupakan perwujudan akan permasalahan seseorang yang diimplementasikan ke dalam suatu bentuk kesenangan dan energi baru. Orang-orang Uruguay sangat senang dan kecanduan untuk menari tango. Terdapat ‘ikatan’ khusus di antara kebudayaan yang satu ini dengan rakyat Uruguay.

Memasuki pedalaman, Anda akan menemukan lagi hal lain yang unik, gaucho. Gaucho merupakan sebutan bagi para koboi di Amerika Selatan. Pakaian yang digunakan oleh para gaucho masa kini dengan di masa lampau masih sama.

Seorang gaucho tidak bisa dipisahkan dari musik dan tarian khas koboi Amerika Selatan. Melihat gaucho, Anda pun akan melihat keseluruhan paket akan suatu bentuk kebanggaan, integritas individu tersebut, dan identitas negara.

Dalam hal kesenian dan kerajinan tangan, bangsa Uruguay ahli dalam membuat kerajinan-kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kulit. Kulit yang berasal dari tanah air mereka sendiri diolah dan dibentuk menjadi ikat pinggang, sepatu boot, topi, dan dompet.

Selain kulit, Uruguay juga terkenal akan kerajinan tangan mereka yang terbuat kain wool, khususnya sweater wool. Keramik yang mereka hasilkan pun tidak kalah menarik. Keramik-keramik tersebut kental dengan ‘warna’ dan ciri khas Uruguay.

Ingin pergi ke sana secara cuma-cuma? Bisa saja. Siapa tahu Anda bisa menumpang pesawat tim nasional Uruguay kembali ke negaranya, setelah mereka mengadakan pertandingan persahabatan dengan Indonesia nanti?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE