Mouse Komputer Bisa Menyerang Tangan Anda

0
14

.Jari tangan anda mulai terasa kebas? Ditambah anda sering menggunakan komputer? Anda boleh mulai merasa was was, karena gejala Carpal Tunnel Syndrome juga kurang lebih sama seperti itu.

Sebelum anda panik, saya akan menjelaskan dulu apakah itu Carpal Tunnel Syndrome atau disingkat CTS. CTS adalah gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada tiga jari pertama (ibu jari, telunjuk dan jari tengah). Gejala ini terjadi karena pembengkakkan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Gangguan ini terjadi pada individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam waktu yang lama, semisal pekerja kantoran yang terus menerus mengenakan mouse komputer, olahragawan, atau pekerja lapangan yang mengoperasikan alat berat, seperti bor.

Jangan terburu-buru menyalahkan komputer anda ya, karena ada juga sebab lain. Kondisi medis seperti obesitas, diabetes, kebiasaan merokok serta mengkonsumsi alkohol dan kopi juga bisa menjadi penyebab. Ditambah lagi bila anda tidak pernah berolahraga dengan teratur, karena sirkulasi darah dan otot kurang bisa bisa mentoleransi stress.

Meskipun begitu, penyakit ini dapat sembuh bila segera ditangani. untuk penderita tahap ringan melalui terapi, yang diawali dengan obat pereda rasa sakit, kemudian dilanjutkan dengan fisioterapi yang menghangatkan peradangan tangan dengan ultrasound atau sinar laser. Kemudian ada juga pemaiakain wrist splint, sejenis pembungkus untuk untuk menetralkan pergelangan tangan. Wrist ini berguna untuk meluruskan pergelangan tangan yang sering dalam posisi bengkok karena bekerja. Sementara untuk yang sudah dalam tahap yang parah harus melakukan operasi pada tangan.

Untuk anda pekerja yang sering menggunakan komputer, resikonya memang lebih besar. Jadi kenali gejala-gejala dalam tubuh anda, dan jangan abaikan. Bila memang tangan mulai pegal, usahakan untuk beristirahat dan tidak memaksakan tangan untuk terus bekerja.

(sumber : beyondthehealth)

SHARE