Arsitektur Bukti Cinta

0
30

.Kekuatan cinta benar-benar dahsyat. Dari membuat bunuh diri seseorang hingga membuat bangunan indah nan megah. Hanya cinta yang dapat melakukan semua itu. Tidak percaya? Berikut adalah bangunan-bangunan yang tersebar di seluruh belahan dunia yang terbentuk atas nama cinta. Berbeda dengan cerita Roro Jonggrang dan legenda Tangkuban Perahu, bangunan-bangunan di bawah ini mempunyai latar belakang cerita yang tidak kalah menarik dan indah dipandang mata, tentu saja.

Kastil Boldt yang terletak di pulau Heart, New York dibangun oleh seorang yang bernama George Boldt sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri, Louise. Lima hektar tanah dan kastil tersebut menjadi hadiah bagi Louise pada hari raya kasih sayang, Valentine, tahun 1905 silam. Sang istri meninggal setahun sebelum terselesaikannya pembangunan kastil tersebut. Akibat patah hati, George Boldt menghentikan pembangunan, meninggalkan pulau, dan tidak pernah kembali lagi.

Bangunan yang satu ini pasti sudah sering Anda dengar, Taj Mahal. Ya, Taj Mahal merupakan perwujudan cinta kaisar Shah Jahan kepada mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Makam ini menjadi monumen termegah yang berdiri akan kasih yang begitu mendalam.

Tidak seperti Taj Mahal dan Kastil Boldt, Kastil Cinta tidak diketahui siapa pendirinya. Berbagai cerita mengatakan, bahwa Kastil yang berlokasi si Krimea, Ukraina ini dibangun pada tahun 1912. Konon, kastil Cinta awalnya merupakan sebuah pondok kayu. Sesuai dengan namanya, kastil ini didirikan bagi pasangan yang ingin memadu kasih.

John Fileden adalah anak orang berada di daerah Todmorden, Inggris. Pemuda tersebut jatuh hati kepada sesosok gadis cantik bernama Ruth Stansfield, seorang penenun lokal. Saat melamarnya, John berjanji akan membangun sebuah istana di atas bukit. Bangunan tersebut bernama kastil Dobroyd. Di dalam Dobroyd, terdapat banyak ukiran inisial nama mereka, yakni ‘Yohanes dan Ruth’ serta ‘JFR’ (baca: John Fileden Ruth).

Tidak hanya di Eropa, di Afrika Selatan, tepatnya Durban, pun terdapat satu bangunan penuh cinta bernama kastil Stratford. Kastil tersebut kini berada dalam wilayah Camelot Residential dan Dolf Estate. Di dalamnya terdapat kata-kata membentuk semangat berlandaskan cinta kasih, “Tapi cinta sejati adalah api yang tahan laa, pikiran dalam pernah terbakar. Jangan pernah sakit, tidak pernah tua, tidak pernah mati. Dari sendiri tidak pernah berubah.”

Rasa cinta seorang lelaki terhadap anak dan istrinya terkadang sulit dimengerti. Boyce Gulley meninggalkan keluarganya. Dia mendirikan sebuah kastil Mystery di sebuah kaki gunung daerah Phoenix, Arizona. Kepergiannya bukan tanpa alasan. Dengan berat hati dia memutuskan hal ini setelah didiagnosis mengidap penyakit TBC (tuberculosis). Dia tidak ingin orang-orang yang dia sayangi tertular penyakitnya itu. Menggunakan bahan-bahan alami dan artefak, selama 16 tahun lamanya dia mendirikan kastil tersebut menggunakan tangannya, sendirian, sembari menunggu ajal menjemput. Setelah kematiannya, Mary Lou Gulley, sang putri, baru mengetahui tentang keberadaan warisan dari mendiang ayahnya tersebut.

Perasaan yang hancur berkeping-keping dapat membuahkan bangunan antik bernilai sejarah tinggi. Itulah kastil Coral. Ed Leedskalnin ditinggalkan oleh perempuan – yang tidak lain merupakan tunangannya – sehari sebelum pernikahan mereka, pada awal tahun 1920-an. Dalam kesedihan yang mendalam, Ed membangun sebuah kastil di Homestead, Florida dengan menyusun batu-batu karang. Bangunan ini menjadi pelampiasannya dalam mengenang masa-masa indahnya bersama mantan kekasih. Kastil ini terbentuk selama 28 tahun. Ed hanya mengerjakan bangunan tersebut pada malam hari.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE