Di Indonesia Saja

0
21

.Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak bertanya, memalukan. Namun tersesat di negeri sendiri? Siapa takut? Justru Get Lost in Indonesia sedang gencar-gencarnya digalakkan.

Get Lost in Indonesia merupakan sebuah gerakan pro bono atas dasar keprihatinan beberapa anak bangsa terhadap keterpurukan bangsa Indonesia, khususnya dalam hal pariwisata.

Siapa bilang Indonesia negara miskin? Nusantara terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia tidak hanya berupa daratan sepanjang 1.922.570 kilometer persegi, namun juga perairan seluas 3.257.483 kilometer persegi, 95.181 kilometer garis pantai, 17.504 pulau, lebih dari 53 gunung, 500 lebih suku, 742 bahasa daerah, lebih dari 300.000 spesies liar, dan 240 juta penduduk.

Bila Anda sedang memikirkan tujuan liburan, mengapa tidak berjalan-jalan di dalam negeri sendiri? Ada banyak daerah, suku, kebudayaan, suvenir atau cinderamata dari penduduk asli dan keunikan-keunikan lain yang dimiliki bangsa Indonesia, yang bisa Anda pamerkan kepada teman-teman mancanegara Anda? Dengan ini, Anda bisa membantu gerakan Get Lost in Indonesia dalam memasarkan Indonesia dan menggairahkan ekonomi mikro, sekecil apapun.

Perlu diingat, dengan ikut melaksanakan kampanye ini, Anda tidak akan mendapat upah sepeser pun, karena kampanye ini bersifat pro bono atau sosial. Hasilnya, toh, akan bisa Anda tuai nanti di kala mulai banyak negara-negara tetangga melirik dan kembali mengakui Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata nomer satu di dunia.

Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga, teman, bahkan rekan bisnis untuk bersama-sama tersesat dalam kekayaan dan keindahan Nusantara. Bebaskan mereka dalam menjelajahi seluruh kelebihan dan kekurangan bangsa kita dan biarkan dunia yang menilai seperti apa sebenarnya Indonesia. Hal ini akan menjadi promosi gratis untuk kebangkitan industri pariwisata Indonesia.

Buktikan, bila Anda benar-benar mencintai negara Anda. Cukup dengan kamera dan video recording player dari handphone, hingga kamera digital, Anda sudah bisa membantu mempromosikan fantastisme alam Indonesia. Unggah foto-foto tersebut ke fans page Get Lost in Indonesia, twitter @getlostisgood, atau langsung ke situs resminya, www.getlostinindonesia.com.

Teknik promosi yang efektif adalah mouth to mouth spreading. Tuliskan caption yang menarik pada foto. Di sini Anda bisa berbagi dengan sesama anggota. Selama Anda lahir di Indonesia, maka Anda otomatis menjadi ‘agen’ Get Lost in Indonesia.

Ceritakan pengalaman Anda berlibur ke tempat tersebut, hal-hal menarik apa saja yang Anda alami di sana. Biarkan orang lain tertarik dengan cerita Anda dan semakin penasaran, sehingga ia pun akan mengunjungi tempat tersebut dan menjadi kagum sepeti Anda. Kehebatan tempat-tempat di Indonesia akan semakin meluas dan terdengar hingga ke mancanegara.

Usahakan mengambil gambar yang hanya ada di Indonesia dan menjadi ciri khas Indonesia. Tidak sulit, bukan mempromosikan Indonesia? Intinya adalah berbagi pengalaman. Ayo, jangan malas bercerita!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE