Gelombang Industri Game Sosial Semakin Marak

0
49

.Anda pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Myspace dan lainnya pasti tahu selain bisa update status atau berbagi foto, mereka juga bisa untuk bermain game. Umumnya yang saat ini sedang ramai dimainkan adalah Mafia Wars, Farmville, Cafe World dan masih banyak lagi.

Perusahaan seperti Zynga atau Crowdstar, produsen industri game sosial, sedang mencoba merangkul media raksasa seperti Google, News Corp atau Viacom.

Mereka mengincar perusahaan-perusahaan besar berbasis internet, karena melihat contoh dari Zynga dan perusahaan sejenis yang mendapatkan pendapatan lebih dari penjualan item-item game sosialnya. Menurut Tim Chang, kepala Norwest Venture Partners,” Semua orang saling berbicara, setiap pembeli potensial mungkin berbicara dengan game sosial diluar sana.”

Mereka menargetkan penjualan sebesar $2,1 juta tahun 2011 dari item virtual dan layanan, seperti traktor Farmville seharga $20 atau $224 untuk menambah 1000 experiences di Mafia Wars. Hasil penjualan tahun ini sebesar $1,6 juta. Penjualan seperti ini menjadi marak karena tidak menggunakan iklan, murni mengharapkan penjualan item di game. sangatlah menarik.

Perusahaan  game sosial terbesar setelah Zynga adalah Crowdstar. Selisih penggunanya pun cukup jauh, 165 juta pengguna rata-rata/ bulannya menurut penelitian Inside Network. Sedangkan dari pendapatan Zynga menghasilkan $600 juta dan Crowdstar $50 juta, menurut Lou Kerner, seorang analis dari Wedbush Securities. Sebuah angka yang mencengangkan!

(Sumber: Reuters)

SHARE