Rusia-AS Kirim Kru ke Ruang Angkasa

0
60

.Pesawat ulang-alik Rusia membawa dua kosmonot dan astronot AS ke stasiun ruang angkasa internasional bertolak hari Jumat dari lokasi peluncuran di Kazakhstan. Alexander Kaleri, Oleg Skripochka dan Scott Kelly akan bergabung dengan tiga anggota kru lainnya dalam perjalanan dua hari dari Bumi ke Soyuz TMA-01M, sebuah stasiun buatan Rusia yang ada di orbit Bumi.

Roket tersebut meluncur tepat pukul 05:11 waktu Kazakhstan di Baikonur dengan diliput oleh stasiun TV setempat. “Semuanya menurut jadwal”, kata veteran kosmonot, Kaleri melaporkan ke Pusat Kendali Misi Rusia beberapa menit setelah roket terbang. Laporan Kaleri dibalas dengan ucapan semoga sukses oleh kepala agen ruang angkasa Rusia, Anatoly Perminov.

Ini merupakan penerbangan ruang angkasa kelima Kaleri dan pertama kali bagi Skripochka. Sedangkan Kelly sudah dua kali mengunjungi statiun ruang angkasa internasional menggunakan pesawat ulang-alik milik AS. Mereka direncanakan tinggal selama enam bulan di sebuah stasiun yang sudah menghabiskan dana @100 milyar hasil gabungan 16 negara diproduksi sejak tahun 1998 dengan jarak 220 mil dari Bumi.

(Sumber: Reuters)

SHARE