Subaru WRX STI Saloon

0
50

.Setelah tiga tahun tanpa kabar, Subaru WRX STI Saloon kembali menyapa di Oktober 2010 ini. Pembaruan dilakukan pada konstruksi bodi lebih kaku dan sistem suspensi yang disempurnakan yang diklaim “spec C” atau setara settingan kompetisi.

Menyuguhkan tipe saloon WRX STI agar sempurna, dikabarkan pihak Subaru telah “menyiksa” dengan berbagai pengujian mulai dari beragam cuaca, jalan raya, melaju di salju, di kemacetan kota, jalan pedesaan hingga melakukan “hot laps” di beberapa sirkuit terkenal termasuk di Nordschleife,  Nurburgring di Jerman.

Revisi pada eksterior meliputi bumper, fender belakang lebih lebar dan postur mobil kini lebih rendah. Pada bagian belakang material kabin telah ditingkatkan dan penumpang serta pengendara kini lebih aman dan nyaman posisi duduknya, hal ini berkat desain jok RECARO terbaru.

Mesin turbo Boxer 2.5 liter dengan Dual Active Valve Control mampu menghasilkan tenaga hingga 300 hp pada 6.000 rpm dipadu torsi 407 Nm pada 4.000 rpm. Diklaim mampu melesat 0-100 kpj hanya memerlukan waktu 5,2 detik. WRX STI ini pun di yakini telah memenuhi kadar emisi standar EURO 5.

WRX STI ini masih mengandalakan penggerak legendaris AWD simetris. Penyebaran performa antara depan dan belakang bisa disajikan mulai dari 41/59 persen dengan sistem empat mode pilihan (Driver Control Centre Differential). Fitur lainnya berupa Multi-Mode VDC (Vehicle Dynamic Control) serta Electronic Stability Control (ESC) diyakini mampu menyuguhkan karakteristik berbeda pada mesin untuk menyesuaikan kondisi jalan.

(Kusnadi/Autocar Indonesia)

SHARE