Mengunjungi Lokasi Ledakan

0
36

.Ayo jalan-jalan ke Jawa Tengah! Kunjungi daerah wisata Bledug Kuwu yang terletak di Purwodadi, Jawa Tengah. Tempat ini sangat unik dan merupakan suatu keajaiban alam yang tidak dimiliki negara lain.

Berlokasi di desa Kluwu, kecamatan Keradenan, provinsi Grobogan, Anda bisa menemukan tempat wisata ini. Tempat tersebut dinamakan Bledug Kuwu, karena di sana sering terjadi ledakan secara berkala yang menimbulkan suara berbunyi ‘bledug‘, seperti ledakan artileri dari kejauhan.

Ledakan ini berasal dari lumpur yang menggelembung dan dihentakkan keluar bersama asap, gas, dan air yang mengandung garam. Proses ini menyebabkan terjadinya pembentukan sebuah dataran yang berasal dari dasar laut. Tempat wisata ini juga memiliki beberapa gunung kecil yang mengeluarkan lumpur berwarna kuning dari puncaknya.

Dataran tersebut kini menjadi daratan seluas 45 hektar, yang mencapai ketinggian 53 meter dari permukaan laut. Suhu udara terendah di daerah tersebut adalah 31 derajat Celcius.

Untuk mencapai Bledug Kuwu, Anda harus melewati jalur darat. Tempuh perjalanan dari Semarang, melewati Purwodadi hingga ke desa Kluwu. Selama di perjalanan Anda bisa melihat pemandangan alam yang subur nan indah.

Sawah hijau terbentang panjang ditemani birunya langit ‘memayungi’. Indahnya pemandangan perbukitan juga tidak kalah memukau, membuat perjalanan tidak akan menjadi membosankan.

Saat menginjakkan kaki di lokasi, Anda akan melihat suatu pemandangan yang berlawanan dengan segala keindahan, yang Anda alami selama perjalanan ke Bledug Kuwu, sebelumnya. Bledug Kuwu merupakan daerah yang sangat gersang, tandus, dan tidak subur.

Perlu diketahui, keadaan yang menyedihkan ini justru membuatnya menjadi tempat yang istimewa. Anda bisa menikmati dua kondisi yang bertentangan di sana. Sementara menikmati keindahan alam, Anda juga bisa mengamati aktivitas penduduk setempat yang mencari nafkah dengan menjadi petani garam.

Air mengandung garam yang dihasilkan Bledug Kuwu akan diolah oleh orang-orang tersebut menjadi garam dapur. Kualitas garam daerah ini sangat terkenal hingga tercatat dalam sejarah istana kerajaan Surakarta.

Bledug Kuwu memiliki keistimewaan tersendiri. Bila dilihat dari daerah geologi, semua tanah yang yang mengandung ledakan ‘bledug’ dan semua unsur yang keluar dari ledakan tersebut adalah bagian dari dataran aluvial, yang tidak lain merupakan tanah sedimen atau tanah yang muncul dari proses pendangkalan.

Suara ledakan terjadi akibat meledaknya gunung berapi yang berubah bentuk menjadi lumpur berwarna abu-abu atau hitam keabuan. Bila cairan ini dicampurkan dengan air, maka warnanya akan menjadi putih.

Tanah di daerah ini mengandung kapur. Bila kandungan air dihilangkan, maka tempat ini akan menjadi dataran kapur. Tempat ini dahulu merupakan laut yang berubah menjadi daratan akibat erosi yang terjadi pada gunung kapur.

Penasaran? Datangi sendiri tempatnya!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE