Nutrisi VS Generasi Pendek

0
28

.Mau tahu bentuk tubuh generasi muda Indonesia? Pendek dan kecil! Direktur Legal dan Hubungan Corporasi Sari Husada, Yeni Fatmawati, mengatakan, bahwa 36,8 persen anak balita Indonesia memiliki tubuh di bawah standar atau pendek.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Yeni, “Kita prihatin bahwa 36,8 persen anak balita Indonesia memiliki tinggi badan di bawah standar. Angka ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan masyarakat berada pada tingkat yang buruk menurut klasifikasi WHO.”

Menyadari berbahayanya kenyataan ini, maka Anda sebagai orangtua wajib memerangi malnutrisi di negara ini. Menjaga dan memastikan anak agar mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat dapat dilakukan sejak bayi masih di kandungan.

Pada saat kehamilan, Anda harus memperhatikan keseimbangan menu makanan. Piramida makanan menjadi ‘senjata’ ampuh guna memandu Anda mengonsumsi makanan dengan komposisi yang seimbang. Produk yang berkaitan dengan nutrisi dapat dibagi ke dalam nutrisi bayi, larutan paranteral, tonik, perangsang nafsu makan, anti obesitas, dan produk nutrisi lainnya.

Pada masa kehamilan, Anda harus makan teratur tiga kali sehari. Makanan ringan dapat pula dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari sebagai selingan. Bagi Anda yang tidak menyukai sayur atau buah-buahan, mulailah mencintai jenis makanan tersebut, karena si jabang bayi membutuhkan serat. Selain sayur dan buah, serat juga dapat diperoleh dari gandum, sereal, dan kacang-kacangan.

Sering merasa kembung akibat meminum air mineral sedikitnya delapan gelas sehari? Bagus itu. Bayi di dalam perut Anda akan lebih senang lagi, bila Anda juga bisa berbagi jus buah segar dan sup dengannya. Setiap minggu, ingatkan diri Anda sendiri untuk memakan satu porsi ikan kaya minyak dan seporsi ikan daging putih. Pada setiap masakan Anda masukkan sedikit minyak sayur, seperti minyak jagung, zaitun, dan bunga matahari.

Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi, seperti makanan berbahan pengawet. Selain itu, Anda juga harus menghindari kafein. Cemilan-cemilan seperti permen, keripik, kue, biskuit, makanan mengandung lemak, minyak, dan gula tidak banyak mengandung nutrisi, meski berkalori. ‘Bertemanlah’ dengan buah-buahan untuk kudapan Anda selama masa kehamilan.

Ibu sehat, bayi kuat, dan tentunya Anda ingin sang bayi nanti bisa lahir sehat dan bertumbuh tinggi. Mungkin seperti model-model cantik dan gagahnya para pemain basket? Setuju?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE