Kapsul Waktu Sony Volume 9

0
30

.Ghiboo akan bahas lagi momen bersejarah perusahaan elektronik terbesar dunia asal Jepang, Sony. Sudah dibahas sebelumnya, Sony mengawali produknya dengan tape recorder dan radio transistor. Masih dengan produk yang sama, namun yang diangkat adalah pengecilan bentuk/ dimensi produk tape recorder dan radio transistor. Produk yang luar biasa diproduksi Sony adalah sebuah Video Tape Recorder (VTR).

VTR pertama kali digunakan tahun 1956. Tahun yang sama Amprex meluncurkan VRX-1000 yang bertingkat empat ukuran dua inci dan dua inci tape seharga 3 juta yen. Tidak ada yang mampu membeli alat semacam ini selain stasiun televisi seperti CBS dan NBC. Tahun 1958, VTR tersebut diekspor ke Jepang dan NHK menjadi stasiun penyiaran yang pertama kali membelinya. Pembelian ini meembuat pabrikan elektronik Jepang panas dan berhasil membuat versi mereka sendiri. Luar biasa sekali Sony mulai mengembangkan tipe VTR yang sama dan berhasil membuat prototipe buatan Jepang bulan Desember tahun yang sama. Sony sudah menguasai teknologi rekaman suara, tapi saat itu memang teknologi merekam gambar bergerak masih sangat rumit. Namun, perlu dihargai para insinyur Sony yang bisa membuat alat yang sama dalam waktu singkat itu.

Memang prototipe ini ukurannya masih besar, tapi coba dilihat tujuan pengembangan prototipe tersebut adalah untuk menyamakan level ke Amprex. Teknologi tersebutlah yang menjadi bibit model VTR Sony sekarang.

Majalah perusahaan Sony News memberitakan: “Stasiun diluar Jepang akan dilengkapi dengan peralatan mahal, akan tiba saatnya orang pribadi bisa merekam program apa pun yang mereka mau dengan harga terjangkau dan bentuknya jauh lebih kecil.” Tahun 1965, Sony meluncurkan transistor pertama untuk konsumen perumahan VTR CV-2000 dengan harga 198.000 yen yang masih terjangkau.

(Sumber: SONY)

SHARE