Rusia Tuan Rumah Formula1 Tahun 2014

0
44

.Perdana Menteri Vladimir Putin baru saja menandatangani kontrak dengan Bernie Ecclestone untuk menjadikan Rusia sebagai tuan rumah balapan Formula1 tahun 2014 mendatang. Dikabarkan ESPNF1.com bahwa Ecclestone sudah menyetujui syarat dan ketentuan untuk perlombaan di sirkuit baru. Ecclestone mengatakan kepada harian Kommersant, bahwa dia akan segera menandatangani perjanjian tersebut setelah orang yang berkepentingan dari Rusia menandatangani kontraknya terlebih dulu.
 
Pembangunan sirkuit Sochi menghabiskan biaya sebesar $200 juta dan biaya tahunan yang dikeluarkan Rusia sebesar $40 juta, hampir sama dengan tuan rumah baru seperti Singapura dan Abu Dhabi. Menurut Bloomberg, Putin akan menandatangani kontrak untuk tujuh tahun dengan pilihan lima grand prix setelah 2020.

Sirkuit Sochi yang kira-kira menghabiskan dana $200 juta ini terletak di distrik federal bagian selatan Rusia dan rencananya juga akan menjadi tuan rumah untuk Olimpiade musim dingin. Tampaknya Rusia sedang gencar-gencarnya untuk menjadi tuan rumah olahraga bergengsi selain Formula1 dan Olimpiade, dikabarkan Putin sedang melobi FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Bulan Maret mendatang, Putin menyatakan Rusia mendukung pembalap Formula1 Rusia, Vitaly Petrov yang berada di tim Renault.

(Sumber: en.espnf1.com)

SHARE