Tips Singkat Perawatan Perangkat Pengereman

0
50

.Mengemudikan mobil dengan baik dan benar tentunya tidak sekedar bisa
mengendarainya saja, sebagai pemilik setidaknya Anda juga harus mengerti point yang
wajib dimaintain secara berkala pada mobil Anda, dapat melakukan perawatan ringan tanpa
harus sering-sering kebengkel, serta mengerti bagian mana saja yang
wajib dicermati.

Perangkat pengereman adalah bagian penting dari mobil Anda yang harus dijaga agar kemampuan daya pengeremannya juga tetap maksimal seperti barunya. Bagian mana saja yang harus di cek dan dijaga ? simak ulasan singkatnya dibawah ini :

– Perangkat teromol dan piringan cakram
bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan bensin, setelah itu baru dikuas menggunakan larutan detergen, lakukan sampai teromol luar dalam dan cakrak bersih dari kotoran dan debu.

– Kondisi kanvas rem
perhatikan ketebalan pading rem cakram maupun rem teromol, apakah masih cukup tebal atau sudah waktunya diganti baru. Untuk Mobil bertransmisi matik, kanvas rem wajib diganti setiap 25.000 km, sementara untuk mobil dengan transmisi manual, kanvas rem diganti setiap 40.000 km.

– Cek saluran rem dan minyak rem
perhatikan minyak rem anda, apabila telah menempuh jarak 10.000 km, maka minyak rem harus diganti baru. Perhatikan saluran / selang rem, apakah ada kebocoran minyak bisa badan selang. Minyak rem biasanya berkurang akibat penipisan kanvas rem.

Apabila Anda tinggal di daerah yang sering macet, maka usia kanvas rem akan jadi lebih pendek. Hal ini berlaku pula bagi kendaraan umum seperti bus dan angkot yang sangat sering stop & go untuk menaik turunkan penumpang. Bila mobil Anda cukup ganti kanvas rem setiap 40.000 km, tentunya tidak demikian dengan angkutan umum seperti angkot.

Ingat, keselamatan Anda dalam berkendara, sangat ditentukan oleh kemampuan pengereman. Oleh karenanya jangan sepelekan perawatannya.

(dari berbagai sumber)

SHARE