Kapsul Waktu Sony Volume 10

0
48

.Jika hari Anda banyak melihat layar-layar besar dipinggir jalan atau dimana pun adalah sesuatu hal yang biasa saja, maka Anda semestinya takjub saat layar besar muncul pertama kalinya pada tahun 1961. Saat itu sebuah layar besar dipinggir jalan merupakan sesuatu hal luar biasa.

Sony sudah dikenal sebagai perusahaan yang sanggup mengecilkan/ merampingkan produk-produk elektroniknya. Tahun 1961, Sony membuat gebrakan dengan membuat proyektor slide yang disebut Sony Scope. Ghiboo yakin Anda semua tahu apa itu proyektor slide.

Sony Scope memproyeksikan gambar dari gedung Sony ke tembok/ gedung diseberangnya sejauh 100 m dengan ukuran 24 x 14 m. Proyektor tersebut didukung dengan lampu arc xenon 4 kw dan lensa film prominar 70 mm. Sumber cahayanya didinginkan oleh aliran air dan proyektornya membutuhkan slide khusus. Beratnya sekitar 1 ton! Gambar tersebut tampil tiga kali seminggu selama tiga jam di malam hari selama sekitar tiga tahun. Inovasi dari Sony tersebut bahkan sampai diliput oleh surat kabar setempat.

Sony Scope merupakan pendahulu layar raksasa yang Anda lihat hari ini, tapi sayangnya bukan sebuah bisnis yang cerah pagi Sony.

(Dari berbagai sumber)

SHARE