Moomin World, Dunia Fantasi Baru

0
131

.Dunia fantasi tidak hanya disukai oleh anak-anak, namun juga Anda yang berjiwa anak-anak dan memiliki imajinasi tingkat tinggi. Salah satu dunia fantasi yang bisa Anda datangi secara nyata di dunia adalah Moomin World di Finlandia. Moomin merupakan makhluk fantasi atau khayalan yang diciptakan oleh seorang seniman, ilustrator, novelis perempuan berkebangsaan Finlandia, bernama mendiang Tove Jansson. Sembilan novel mengenai Moomin telah terbit dan diterjemahkan ke dalam 40 bahasa berbeda di dunia.

Dalam surat-surat balasan kepada penggemar – semasa hidupnya – Tove Jansson menjelaskan, bahwa Moomin memang tidak bisa terdefinisi sebagai manusia, hewan (meski menyerupai badak), ataupun makhluk halus. Moomin adalah suatu jenis baru makhluk hidup dalam imajinasinya, yang kemudian diwujudkan ke dalam novel, komik, dan kini dengan menciptakan ‘desa’ bagi tempat tinggal komunitas Moomin dalam Moomin World.

Tokoh-tokoh yang ada di dalam Moomin World adalah Moominpappa, Moominmamma, Moomintroll (anak lelaki mereka), Little My, Snufkin, Mymble, Hemulens, Fillyjonks, Groke. Little My merupakan makhluk bersifat jujur berjenis kelamin perempuan dan bertubuh mungil. Mimble, Fillyjonks, Groke merupakan karakter-karakter lain yang juga berjenis kelamin perempuan. Para Mymble tidak pernah mengakhawatirkan apa pun. Mereka mudah jatuh cinta dan melupakan sesuatu. Karakter feminim terdapat pada Fillyjonks. Fillyjonks bertubuh langsing, mempunyai sifat mudah gugup dan suka bersih-bersih. Berbeda dengan Fillyjonks, Groke adalah sebuah monster bertubuh besar. Groke mewakili simbol akan perasaan kesepian dan ‘dingin’. Tokoh-tokoh unik lainnya, yakni Hemulens dan Snufkin berjenis kelamin laki-laki. Uniknya, meski ditentukan laki-laki, Hemulens kerap berkostum perempuan dengan memakai gaun atau rok panjang terusan. Tokoh unik ini sangat kaku dan tidak suka bercanda. Berbeda dengannya, Snufkin memakai baju laki-laki dan merupakan seniman, penjelajah, dan composer.

Moomin merupakan makhluk-makhluk yang ramah dan terbuka terhadap segala pemikiran, perbedaan di sekitar mereka. Mereka suka menghabiskan waktu bersantai di beranda rumah dan kebun, namun juga tertarik untuk melakukan petualangan ke tempat-tempat asing.

Moomin World ramai dikunjungi orang. Pengunjung setia dunia fantasi tersebut tentu saja anak-anak. Berlokasi di Finlandia, pada musim dingin, dinginnya cuaca bisa mencapai minus 19 derajat celcius. Rata-rata jumlah pengunjung saat musim dingin adalah 10 ribu orang. Sedang pada musim panas, angka tersebut dapat mencapai hingga 230 ribu orang. Moomin World hanya dibuka pada bulan Februari saat musim dingin dan baru akan dibuka lagi saat musim panas datang.

Di sana Anda bisa memeluk Moomin dan berfoto bersama mereka. Anak-anak sekitar negara Finlandia tumbuh besar dengan para tokoh Moomin. Banyak anak ingin ke sana hanya untuk menemui Moomin secara personal. Apa yang paling ditunggu-tunggu? Tentu saja pelukan hangat dari Moominmamma. Anak-anak tersebut sering membisikkan mimpi mereka ke telinga Moomin dan menceritakan kegelisahan-kegelisahan di hati mereka. Selain itu, mereka juga mengirimkan surat.

Berbeda dengan Disney’s World yang penuh dengan kemewahan dan gemerlap sinar lampu, Moomin World sangat sederhana, namun indah dikelilingi alam nyata. Berada di daerah pegunungan, kesannya akan semakin nyata seperti mengunjungi desa para Moomin. Mereka bisa bermain-main dengan salju saat musim dingin, atau berenang di sini saat musim panas.

Mengoleksi benda-benda yang berhubungan dengan tokoh kesukaan Anda seringkali dirasa belum cukup. Sudahkah Anda mengenal langsung para Moomin?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE