Kapsul Waktu Sony Volume 11

0
23

.Susah mencari orang jujur di zaman seperti ini. Begitulah, uang haram saja susah apalagi uang halal. Kok jadi melantur ya? Kali ini Ghiboo memang akan bahas tentang kejujuran. Salah satu fungsi kehadiran seorang wasit adalah untuk memperhatikan para pemain yang bertanding sehingga tidak terjadi kecurangan. Misalnya dipertandingan bisbol, sepak bola, tenis dan masih banyak lagi. Penjurian dibantu dengan video pernah digunakan untuk pertandingan Sumo pada tahun 1969, bahkan baru-baru ini Federasi Tenis Internasional menggunakan tayang ulang video sebagai bukti pada bulan Oktober 2005.

Nah, hubungan kejadian di atas dengan Sony tentu saja perangkat videonya. Sony VTR PV-100 adalah perangkat VTR pertama yang bisa “dibawa” dan merupakan pendahulu video replay. PV-100 diluncurkan bulan September 1962 dan dibuat berdasarkan pesanan. Sesuai yang diharapkan, pembuatan perangkat ini adalah untuk keperluan olahraga. Ukuran volumenya lebih kecil 50 kali dan lebih ringan, hanya 60 kg dibandingkan VTR yang sudah ada. VTR ini sering digunakan untuk mengambil gambar gerak lambat sesuai kegunaannya untuk membantu wasit.

Foto diatas menunjukkan PV-100 ketika digunakan saat perlombaan renang tahun 1963, setahun sebelum Olimpiade Tokyo. Federasi Renang Jepang menggunakan footage tersebut untuk meningkatkan kualitas perenang sejak mulai dan berbalik. Bahkan rekaman footage pernah digunakan untuk mendiskualifikasi beberapa perenang. Sony VTR benar-benar menjadi pembicaraan saat Olimpiade Tokyo 1964.

(Dari berbagai sumber)

SHARE