Kapsul Waktu Sony Volume 12

0
49

.Presiden keempat Sony, Kazuo Iwama yang wafat sejak 27 tahun lalu memberikan kontribusi yang sangat besar atas perkembangan radio transistor Sony. Namanya selalu terngiang bila komunitas elektronik mengingat radio transistor.

Transistor pertama kali diciptakan oleh Drs.Shockley, Bardeen dan Shockley dari Laboratorium Bell pada tahun 1948 dan empat tahun kemudian dipatenkan oleh induk perusahaan Sony, Western Electric. Salah satu pendiri Sony, Ibuka berinisiatif memproduksi komponen baru ini dan menandatangani kontrak dengan Western Electric meskipun hak paten bukan milik Sony.

Iwama yang saat itu menjabat sebagai dewan direksi, berinisiatif memimpin tim pengembangan dan riset radio transistor untuk pergi ke Amerika Serikat. Di Amerika, dia mengunjungi pabrik Western Electric dan menulis puluhan halaman hasil risetnya ke Jepang yang dikenal dengan nama Iwama Report.

Radio transistor yang kita ketahui hari ini merupakan hasil pengembangan dari Iwama dan tim risetnya setelah melalui uji coba berulang kali. Setelah transistor tersebut berhasil, Sony mendapat kunjungan dari tiga ilmuwan Laboratorium Bell dan mendemonstrasikannya kepada investor. Iwama pasti senang dan bangga hasil risetnya menjadi acuan dalam pembuatan transistor yang masih digunakan sampai hari ini. Mengutip kata-kata Dr,Brattain ketika mengunjungi Sony di tahun 1990 dari situs Sony, “Sejarah semi konduktor memang panjang, tapi masa depannya cerah. Saya bersyukur Sony berhasil mengembangkannya sehingga muncul produk-produk baru yang tak terhingga.”

Keterangan gambar:
Kiri besar: 1959, Walter Brattain (kanan) mengawasi produk barunya bersama Iwama (kiri).
Kanan bawah kecil: 1963, Mendapat kunjungan dari William Shockley (duduk kanan), Iwama (kiri berdiri) tampak bangga.
Kanan atas kecil: John Bardeen (kanan) sedang mengobrol dengan Ibuka (kiri). Keduanya lahir tahun 1908.

(Dari berbagai sumber)

SHARE