Kuda Klub, Komunitas Mitsubishi Kuda

0
461

.Sebagai kendaraan bermotor baru yang turut meramaikan pasar Indonesia pada pertengahan tahun 1999, yang pada saat itu (dan mungkin sampai saat ini) sudah terbentuk image yang sangat kuat bahwa mobil keluarga adalah Toyota Kijang atau Isuzu Panther, maka dapat dibayangkan betapa sulitnya bagi Mitsubishi Kuda (selanjutnya disebut Kuda) untuk menembus pasar yang sudah dikuasai oleh merk-merk tersebut. Selain itu, badai krisis ekonomi yang menimpa negara kita tercinta sampai dengan saat ini, ikut memberikan andil yang cukup besar dalam mempersulit lancarnya pemasaran Kuda.


Aneh tapi nyata, ternyata ada juga orang yang mau membeli Kuda, walaupun sebelumnya mereka sudah dinasehati oleh keluarga, famili dan teman-temannya, bahwa membeli kuda adalah awal dari malapetaka. Berawal dari keunikan dan perasaan senasib inilah, maka tiga sekawan pemilik Kuda, yaitu Rinaldi, Fadhil dan Thomas, sering berkumpul bersama untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman selama mengendarai Kuda. 

Demikian seringnya mereka bertemu, sehingga timbul ide untuk membentuk suatu komunitas Kuda, agar lebih banyak informasi dan pengalaman yang dapat diperoleh dan/atau disampaikan kepada dan dari sesama pemilik Kuda. Maka tepat pada tanggal 7 September 2002, terbentuklah komunitas mobil Kuda yang pertama di Indonesia, dengan nama KUDA-KLUB. Terbentuknya Kuda-Klub (selanjutnya disebut KK) ditandai dengan dibukanya mailing list KK di YahooGroups, yaitu [email protected]

Telah disepakati pula bahwa KK sifatnya terbuka untuk umum, yaitu klub yang terbuka bagi semua pemilik Kuda dari jenis apapun serta tahun pembuatan kapanpun, dari yang full standard sampai yang modifikasi extreme. Perlu diketahui pula, bahwa pembentukan KK adalah murni inisiatif dari ketiga pendiri KK tersebut, tanpa adanya bantuan atau dukungan dalam bentuk apapun dari pihak manapun, sehingga KK merupakan salah satu klub otomotif yang mandiri dan independen.

Perkembangan Berikutnya
Tidak puas dengan hanya memiliki mailing list, maka KK berinisiatif membuat website, yaitu www.kuda-klub.com, yang isinya senantiasa di-update dan dikembangkan agar dapat bermanfaat bagi semua pemilik Kuda, baik anggota KK maupun yang belum menjadi anggota KK. Setelah mailing list dan website KK dibuka, maka dengan perlahan namun pasti, anggota KK terus bertambah, saat ini anggotanya telah mencapai +/- 150 orang, sedangkan anggota mailing list-nya sudah mencapai +/- 250 orang. 

Sebagian besar anggota KK berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, sedangkan sebagian kecil lainnya tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti: Palembang, Lampung, Bandung, Solo, Surabaya dan Bontang. Keberadaan KK ternyata tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi sudah merambah ke mancanegara, hal ini terbukti dengan terdapatnya anggota KK yang berkebangsaan Philipina dan berdomisili di kota Manila.

Agenda Tahunan
Untuk lebih mengakrabkan para anggota, maka KK menggelar acara pertemuan rutin maupun yang non-rutin, sebagai berikut:

Pertemuan bulanan (Ngerumput Bulanan), yaitu pertemuan yang diadakan pada hari Minggu terakhir setiap bulannya, yang berlokasi di lapangan Parkir Timur Senayan dan dimulai dari jam 14.00 sampai dengan selesai. Pertemuan ini lebih bersifat silahturahmi antara sesama anggota KK, baik anggota baru maupun anggota lama. Acara ngerumput ini biasanya diakhiri dengan konvoi bersama menuju tempat makan yang enak dan nyaman.

Pertemuan-pertemuan non rutin, yaitu pertemuan tanpa jadual dan lokasi yang tetap. Pertemuan ini diadakan atas keinginan dan kesepakatan anggota KK, termasuk diantaranya adalah acara Workshop, Selamatan, Pernikahan, Ulang Tahun dan lain-lain.

Family gathering (Famgath), yaitu acara wisata keluar kota yang diadakan minimal 4 kali dalam setahun dan umumnya para peserta membawa serta keluarganya. Dalam acara famgath ini, KK membuka pintu selebar-lebarnya bagi pihak dari manapun yang berminat mensponsori acara tersebut.

Selama tahun 2003, KK telah melaksanakan dengan sukses 4 Famgath, yaitu: 
Famgath I Pelabuhan Ratu – tanggal 16-17 Mei 2003, merupakan wisata bersama ke Pelabuhan Ratu dengan jumlah peserta meliputi 11 mobil dan 37 orang.

Famgath II Gunung Pancar Sentul – tanggal 7-8 Juni 2003, merupakan wisata di sumber air panas Giri Tirta, Gunung Pancar ? Sentul dengan jumlah peserta meliputi 14 mobil dan 48 orang.

Famgath III Ujung Genteng ? tanggal 6-7 September 2003, merupakan kerja bareng antara KK dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) berupa wisata sekaligus Bakti Sosial (Baksos) ke Ujung Genteng dan Pangumbahan dengan jumlah peserta meliputi 16 mobil dan 53 orang.

Famgath IV Ciater Riung Rangga ? tanggal 6-7 Desember 20
03, merupakan acara camping bersama sambil pesta kembang api di camping ground Ciater Riung Rangga – Lembang, dengan jumlah peserta meliputi 21 mobil dan 74 orang.

Famgath V Lampung Adventure ? tanggal 1-3 Mei 2004, merupakan wisata pertama keluar pulau Jawa, dimana untuk pertama kalinya klub ini mendapatkan sponsor dari 8 perusahaan yaitu : PT. KDK Indonesia (produsen kipas angin dari Jepang), Bank Danamon, PT. Deltomed (Antangin JRG), PT. Goodyear Indonesia Tbk., PT. Adiniaga Sentra Persada (Rokok Djarum), PT Berlian Mulya Persada (perusahaan cargo), Indofood dan Pasnew (produsen jam tangan). Jumlah peserta touring ini meliputi 33 mobil dan 135 orang.

Sekretariat Kuda-Klub: 
Kebun Jeruk Indah Blok D No. 12, Jl. Meruya Ilir, Jakarta 11480 Telp. 021-52997123. Indonesia
Email : [email protected]
Website: www.kuda-klub.com
Mailing List: [email protected]


(sumber:id.88db.com)
SHARE