Si Kecil Girang Berkostum Ria

0
34

.Siapa yang tidak suka pesta? Semua kalangan terlebih anak-anak menyukai kegembiraan pesta. Mereka gemar menggunakan pakaian-pakaian lucu. Imajinasi seorang anak seakan terwujud, bila ia bisa menjadi tokoh yang dia sukai dengan mengenakan kostum yang sering dikenakan tokoh tersebut.

Daripada mengeluarkan banyak uang dengan membelikan atau menyewakan pakaian untuk si kecil, lebih baik Anda sendiri yang membuatkannya kostum. Ghiboo mempunyai sebuah contoh kostum yang bisa Anda ciptakan dengan tangan sendiri, yankni kostum kurcaci berjenggot.

Siapkan kain sebesar kurang lebih 15 inci persegi, bulu-bulu palsu sebesar 11 inci persegi, dan tali transparan elastis sepanjang 28 inci persegi. Bila sudah terbentuk, anak Anda nantinya akan mengenakan sebuah atasan berbentuk pullover lengan panjang. Untuk bawahan, pakaikan celana panjang training atau legging padanya.

Sepatu yang sesuai untuk menjadi seorang kurcaci adalah sepatu boots, yang dilengkapi dengan ikat pinggang berwarna hitam yang lebar. Untuk warna, silakan disesuaikan dengan selera dan favorit si kecil.

Sekarang saatnya bekerja. Seorang kurcaci tidak akan sempurna tanpa jenggot dan topi menjulang lancip ke atas, yang berbentuk seperti topi penyihir, tentu saja.

Pertama, pada kain persegi yang telah disiapkan, ukur dan gambarlah garis setengah lingkaran dari sudut kiri atas hingga ke kanan bawah. Buatlah sudut-sudut per 15 derajat di dalam setengah lingkaran tersebut.

Potong kain persegi tersebut mengikuti garis setengah lingkaran yang telah Anda gambar. Sekarang, Anda telah mendapatkan sebuah kain berbentuk 1/4 lingkaran. Gulung kain itu hingga berbentuk contong es krim. Bubuhkan lem di tepi dan pinggir kain. Tunggu hingga lem mengering.

Topi kurcaci sudah jadi. Kini giliran jenggot. Pada bagian bulu-bulu palsu berwarna putih, gambarlah bentuk jenggot memanjang. Potong bulu palsu tersebut mengikuti garis gambar tersebut. Bentuk bulu palsu akan seperti segitiga terbalik.

Pada bagian datar, bukan yang lancip, potong hingga berbentuk lengkungan. Dari ujung luar, tekuk ke dalam sebanyak kurang lebih dua hingga tiga centimeter. Bubuhkan lem pada lipatan tersebut. Setelah kering, masukkan tali elastis menyusuri lubang yang dihasilkan dari lipatan bulu palsu tersebut. Tali ini berfungsi sebagai pengait yang dapat ditalikan di telinga si kecil, agar jenggot palsu  itu tidak jatuh, bergoyang dan tetap ‘menempel’ di dagu anak.

Topi sudah jadi, jenggot palsu pun telah terpasang. Kini si kecil benar-benar menyerupai kurcaci. Tidak sulit, bukan bersenang-senang dengan anak?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE