UDFy-38135539, Galaksi Terjauh yang Terukur

0
25

.Pernahkah Anda berpikir seberapa luas ruang angkasa ini? Mungkin bagi Anda yang tidak terlalu minat dengan dunia astronomi tidak mau ambil pusing, tapi bagi Anda penggemar ilmu pengetahuan dan perbintangan pasti masih terus berandai-andai dan berpikir.

Baru-baru ini ditemukan sebuah galaksi terjauh yang bisa dilihat melalui teleskop Hubble oleh Planetarium di Paris. Penampakan ini terkonfirmasi dengan menggunakan teleskop raksasa ESO. Namun tampaknya, untuk mempelajari galaksi ini lebih lanjut akan menemui hambatan, karena cahayanya yang bisa dilihat dari Bumi sangat lemah dan kecil. Sinyalnya sangat lemah karena lokasinya yang terlalu jauh dan hanya bisa ditangkap melalui bagian dari spektrum infra merah yang disebut dengan redshift.

Menurut teori, milyaran tahun setelah terjadinya Big Bang, jagat raya diisi tertutup kabut hidrogen dan menyedot ultraviolet dari galaksi-galaksi muda. Era ini disebut dengan reionisasi.

Setelah melalui pengamatan selama 16 jam menggunakan teleskop VLT dan dua bulan analisa yang rinci, tim peneliti menegaskan dengan spektroskopi bahwa kadar redshift sebesar 8,6 berhubungan dengan galaksi yang baru terlihat 600 milyar tahun setelah terjadinya Big Bang.

Menurut pembaca Ghiboo, kira-kira apalagi yang akan ditemukan dijagat raya yang luas dan belum terjamah ini? hanya Tuhan yang tahu.

(Referensi dari science20.com)

SHARE