On The Behalf Of Nature

0
34

.Semakin misterius suatu hal, semakin Anda tertarik penasaran ingin mengetahuinya. Begitu pula bila suatu tempat semakin aneh, mengerikan, dan mengandung banyak teka-teki di dalamnya, maka tempat tersebut akan semakin menarik Anda untuk segera mengunjunginya. Berikut merupakan beberapa tempat yang tersebar di seluruh dunia, yang akan cukup membuat Anda tak habis pikir.

The Door to Hell atau Gerbang Neraka itulah nama tempat tersebut. Letaknya di negara Uzbekistan, dekat kota kecil Darvaz. Cerita mengenai tempat tersebut telah ‘hidup’ di kepala masyarakat setempat selama 35 tahun lamanya. Diceritakan, bahwa dahulu terdapat beberapa geologist mengebor tanah untuk mencari sumber gas. Dalam proses pengeboran itu, mereka mendapati sebuah gua besar di bawah tanah. Gua tersebut sangat besar dan dalam hingga membuat semua peralatan perkemahan dan pengeboran memasuki titik terendah di dalam tanah. Tak ada satu pun dari mereka yang berani memasuki tempat itu, akibat banyaknya gas yang terkandung di dalamnya. Untuk menghindari munculnya gas beracun ke permukaan tanah, mereka pun membakar tempat itu. Kini, setelah 35 tahun lamanya, pembakaran tersebut belum pernah sekalipun behenti. Sepertinya di dalam tanah itu terdapat kandungan gas yang tak terbatas.

Keanehan lain muncul di hutan-hutan yang ada di Rusia. Banyak orang menemukan lubang-lubang yang dalam dan aneh di dalam hutan rimba di sana. Meski penasaran, Anda tetap tidak akan menemukan apa pun di dalamnya, karena memang di dalam lubang-lubang tersebut tidak pernah didapati unsur tanah sedikit pun. Silakan turun ke bawah dan buktikan sendiri. Cukup membuat geregetan ketika Anda tidak mendapatkan jawaban, bagaimana lubang-lubang itu terbentuk? Mengapa bisa muncul? Apa fungsi lubang tersebut? Untuk apa? Semua masih menjadi misteri.

Pada tahun 1962, sebuah percikan api kecil di Centralia (Pennsylvania), menjalar masuk ke dalam batu bara jenis antrasit di bawah kota. Hal ini menimbulkan kebakaran hebat. Untungnya, api di permukaan tanah berhasil dipadamkan. Sayang, batu bara yang ada di bawah tanah tidak bisa memadamkan sang lidah merah, tapi justru semakin memicunya untuk terus ‘hidup’ selama bertahun-tahun. Puncaknya pada tahun 1984, kebakaran ini tidak bisa lagi dikendalikan, sehingga seluruh kota harus segera dievakuasi. Kini Centralia menjadi sebuah kota tak terurus dan berhantu. Api masih terus memakan habis lokasi bawah kota. Batu bara yang tersedia mendukung keganasan api tersebut menjadi Mulut Neraka (The Mouth of Hell) hingga 250 tahun ke depan.

Lebih dari 50 ribu salib terdapat di puncak Bukit Salib di Lithuania. Bukit ini bukan sebuah pemakaman. Banyaknya salib di sana dikarenakan adanya sebuah mitos kuno, yang meyakini akan datangnya keberuntungan bagi orang, yang membawa dan meletakkan salibnya di tempat itu. Sejak itu, berbondong-bondong orang membuat dan memasang salib buatannya di puncak bukit ini. Tradisi ini telah ada sebelum ajaran Kristiani muncul di Lithuania dan Rusia.

Kolmanskop disebut-sebut sebagai kota hantu yang terkubur di dalam pasir. Letaknya ada di bagian selatan Namibia, beberapa kilometer menuju pedalaman dari pelabuhan Luederitz. Pada tahun 1908, muncul demam berlian ‘menjangkit’ seluruh orang di sana. Banyak orang bergegas mencari peruntungan di padang pasir Namib. Hanya dalam dua tahun, sebuah kota berdiri di tengah-tengah padang pasir yang tandus. Kota ini dipenuhi dengan casino, rumah sakit, dan bangunan-bangunan tempat tinggal yang eksklusif. Namun merosotnya penjualan berlian setelah Perang Dunia pertama menyebabkan kehancuran bagi kota ini. Selama tahun 1950-an, kota tersebut tersapu oleh pasir dan semakin sepi ditinggalkan orang. Padang pasir seakan ‘meminta’ kembali apa yang telah menjadi milik mereka. Bangunan-bangunan mulai runtuh, taman-taman hancur, dan jalanan yang tadinya tersusun terkubur oleh pasir.

Terbentuknya tempat-tempat unik di atas akan membuat Anda mulai berpikir dan mengakui kehebatan alam.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE