Bermain Rumah-Rumahan Bersama Si Kecil

0
44

.Bermain dengan anak bisa membuat Anda jenuh. Lain halnya bila Anda bisa menikmati permainan itu bersama si kecil. Caranya mudah. Ajak anak untuk memainkan mainan yang juga Anda sukai.

Tidak ada yang lebih baik dalam hal mengasuh anak, bila Anda bisa betah berjam-jam bersamanya, meski ‘perekat’ di antara berdua adalah sebuah mainan. Salah satu mainan yang akan cukup menghibur orang dewasa – dan anak-anak, tentunya – adalah rumah boneka, atau bermain ‘rumah-rumahan’.

Brinca Dada, sebuah perusahaan desain khusus untuk mainan anak, menciptakan sebuah rumah boneka yang ramah lingkungan. Perusahaan yang berkantor pusat di New York ini memiliki keyakinan, bahwa mainan untuk si kecil tidak harus selalu menimbulkan suara yang berisik atau menyala-nyala karena banyaknya lampu di dalamnya. Emeron House menjadi buktinya.

Emeron House merupakan rumah-rumahan untuk tempat berteduh keluarga boneka si kecil. Bentuknya didesain dengan arsitektur dan dekorasi ala rumah modern masa kini, namun tetap ramah lingkungan.

Bermain menggunakan Emeron House dalam skala 1:18, Anda berdua akan puas menjelajahi enam ruangan besar yang ada di dalamnya, seperti ruang tamu, dapur, perpustakaan, ruangan kerja pribadi, kamar tidur, kamar mandi, dan kamar anak.

Dibentuk sama seperti rumah pada umumnya, Emeron House pun memiliki pintu geser yang terbuat dari kaca, lengkap dengan perabotan-perabotan masa kini. Mainan ini aman untuk anak-anak karena kayu yang digunakan bebas unsur timah dan tidak mengandung cat. Jelaskan kepada si kecil, mengapa mainan barunya ini terlihat sangat ‘sederhana’ tanpa warna-warna memikat. Anda bisa menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan kepada anak sejak dini.

Bermain rumah-rumahan seperti ini, seringkali anak akan berperan menjadi ‘dalang’. Bila anak Anda perempuan, maka kemungkinan besar ia akan memilih memainkan boneka yang akan berperan sebagai ibu.

Saat-saat seperti inilah Anda bisa memasukkan ‘ajaran-ajaran’ Anda tentang bagaimana mengendalikan seorang anak nakal dan menjelaskan mengapa hal itu tidak disukai oleh orangtuanya kepada si kecil.

Satu hal yang perlu Anda ingat, bermain juga ada batas waktunya. Ghiboo tidak mengkhawatirkan anak Anda. Bila lelah dan bosan bermain, ia pasti akan langsung tertidur, tapi orang dewasa seperti Anda akan lebih susah dikendalikan bila sudah menyukai sesuatu. Semoga Emeron House tidak menjadi alasan bagi Anda untuk lupa menyiapkan makan malam bagi keluarga.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE