Menangkap Ikan Paus Dalam Festival Baleo 2010

0
44

.Akhir bulan Oktober ini akan meriah dengan perayaan hari Halloween dan festival Baleo 2010. Bila Halloween budaya barat yang ditiru masyarakat Indonesia, maka festival Baleo merupakan budaya asli milik bangsa sendiri.

Sayang, tidak banyak yang mengetahui tentang festival ini, karena ‘termakan’ oleh banyaknya budaya barat yang banyak menjamur di negara kita. Sebenarnya event tersebut biasa dilaksanakan secara besar-besaran dan cukup meriah.

Festival Baleo akan menampilkan berbagai kebudayaan tradisi Lamalera. Diadakan di kampung Lamalera, kabuapaten Lembata, Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur, festival ini akan berlangsung selama kurang lebih tujuh hari, yakni 25-31 Oktober 2010.

Memasuki tahun yang ketiga, para nelayan Lamalera akan merayakan kehidupan mereka sebagai nelayan dengan mengadakan pesta rakyat. Mereka akan beramai-ramai menangkap ikan-ikan besar, seperti pari dan paus secara tradisional.

Pesta rakyat ini bertujuan untuk mengangkat nama Baleo sebagai nafas dan roh perhelatan budaya dan tradisi kehidupan nelayan tradisional. Tidak hanya peralatan yang digunakan, namun ritual dalam rangkaian persiapan dan pelaksanaan melaut pun akan dilaksanakan secara tradisional.

Festival akan diawali dengan berbagai macam perlombaan dan pemutran sejumlah film pendidikan, sedang ritual penutupan dan misa penutupan musim melaut akan mengakhirinya. Pada malam hari akan diselenggarakan malam budaya dan pesta rakyat dengan cahaya obor.

Siapa dan bagaimana penduduk Lamalera? Di mata internasional, kampung Lamalera sebenarnya sudah sangat dikenal. Sayang, tidak begitu halnya bagi bangsa Indonesia sendiri.

Sekilas tentang Lamalera, masyarakat nelayan Lamalera senantiasa memandang laut sebagai ladangnya. Dalam praktek dan keseharian melaut, mereka memiliki pemahaman dan menerima, bahwa laut berpenghuni dan ada pemiliknya.

Karena berpenghuni, mereka percaya, bahwa mereka tidak bisa begitu saja memasuki laut. Terlebih dahulu mereka harus meminta izin dengan berdoa bersama-sama sebelum melaut dengan sesama nelayan lain.

Bawa kamera dan ajak teman-teman Anda menikmati kesenangan hidup di laut bersama nelayan Lamalera dalam festival Baleo 2010!

(*Dari berbagai sumber)

SHARE