Baby Day Care Penyelamat Keluarga Sibuk

0
48

.Suami ingin bekerja, Anda pun demikian. Masalahnya, siapa yang mengurus anak di rumah? Sangat berbahaya meninggalkan seorang anak kecil di rumah sendirian tanpa pengawasan orang dewasa.

Baby day care atau tempat penitipan anak adalah solusinya. Trauma dengan perlakuan kasar babysitter terhadap si kecil, Anda bisa mempercayakan anak kepada para pegawai di salah satu baby day care di kota Anda.

Jangan tergiur dan percaya begitu saja dengan kredibilitas sebuah tempat penitipan anak, hanya karena mereka menyediakan banyak mainan keluaran baru untuk anak-anak. Mainan-mainan mewah tidak menjamin kualitas baby day care dalam mendidik anak selama tidak berada dalam pengawasan Anda.

Seorang ahli tumbuh kembang anak bernama Liz Jaeger mengatakan, bahwa tempat penitipan anak yang berkualitas dapat dilihat dari cara mereka berinteraksi dengan anak-anak tersebut, luas kelas atau ruangan yang disediakan, besar kecilnya kapasitas grup-grup yang dibentuk, dan peralatan-peralatan yang digunakan dalam beraktivitas untuk merangsang kecerdasan si kecil.

Tidak sembarang orang boleh ‘menyentuh’ anak Anda di tempat seperti ini. Baby day care hanya mempekerjakan orang-orang bersertifikat, yang sudah lama berkecimpung dan kompeten dalam menangani anak-anak. Si kecil akan merasa terlindungi dan nyaman berada di lingkungan yang teratur dan terarahkan oleh bimbingan seluruh staf dengan seorang pemimpin baby day care yang mengawasi langsung jalannya kegiatan-kegiatan di sana.

Semuanya serba pasti di sini. Mereka akan memberitahu kapan dan jam berapa tepatnya Anda harus menjemput si kecil. Ingat, jangan terlambat menjemputnya, atau Anda harus membayar denda
(biaya tambahan). Tidak seperti menyewa seorang babysitter, baby day care akan senantiasa berkomitmen melayani anak Anda.

Di sini, anak tidak hanya akan dilepas begitu saja untuk bermain. Seperti di sekolah formal pada umumnya, mereka akan diberikan pengajaran dan pendidikan berbasis permainan. Untuk merangsang saraf otaknya, mereka akan memberikan permainan-permainan balok agar dapat disusun oleh anak. Selain itu, anak tidak akan bosan, karena waktu akan cepat berlalu dengan kegiatan menyanyi, menari, dan sesi membaca dongeng.

Tidak perlu khawatir si kecil akan bertumbuh menjadi anak yang anti sosial dan egois. Memasukkannya ke baby day care akan membuatnya mengenal banyak orang baru dan teman-teman sebaya. Dia akan belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik. Bersosialisasi bagus untuk pembentukan karakternya.

Semakin banyak bertemu teman baru, semakin bagus. Namun, tentu saja ada efek negatif yang akan didapat. Si kecil bisa saja tiba-tiba terserang flu atau mendapat cacar air sepulang dari baby day care, karena tertular temannya di sana. Dalam hal ini, vitalitas tubuh anak harus sangat diperhatikan.

Baby day care tentu akan sangat membantu bagi orangtua yang super sibuk, asal tidak menjadikannya sebagai sebuah tempat untuk ‘menelantarkan’ si kecil, hanya karena Anda tidak ingin diganggu seorang anak yang rewel.

(*Dari berbagai sumber)

SHARE