Kebersihan Interior Mobil Juga Penting

0
48

.Hufff? bau apek. Hidung mendadak gatal ingin bersin. Yah, inilah perasaan sebal saat pertama kali menumpang mobil teman. Berhubung hari hujan dan sudah cukup malam karena seharian kerja plus lembur menyelesaikan tugas kantor, pulang jadi kemalaman dan kesulitan mendapatkan angkutan umum. Untung ada teman yang bersedia ditumpangi mobilnya sampai lokasi terdekat dengan rumah. Tapiii?  ternyata mobilnya nampak tidak rutin dirawat dan dibersihkan bagian dalam kabinnya sehingga terciumlah aroma kurang sedap yang menusuk hidung.

Sebenarnya membersihkan bagian dalam mobil tidaklah terlalu sulit asalkan rajin dan rutin dilakukan, masak luarnya saja yang bersih kinclong tapi dalamnya apek semua. Melakukannya juga tidak perlu sekaligus berbarengan sampai selesai, cukup dilakukan bertahap setiap seminggu sekali. Cobalah beberapa tips singkat dibawah ini :

Tahap pertama adalah membersihkan plafond. Karena biasanya ada saja tetesan air yang akan mengenai bagian lain dibawahnya, oleh karenanya lakukan pembersihan bagian plafon sebagai urutan pertama yang harus dilakukan. Gunakan cairan khusus yang dapat dibeli di toko asesoris / aftermarket. Atau gunakan larutan campuran shampoo dengan air. Seka perlahan-lahan dan jangan terlalu basah karena dapat menyebabkan jamur apabila lapisan kain dan busa pada plafon tidak lekas kering.  Lakukan pembersihan bagian plafon secara bertahap dari depan kebelakang. Pada mobil tertentu yang menggunakan plafon berbahan vinyl atau kulit imitas, pencucian plafon menjadi lebih mudah karena tidak terlalu menyerap air, namun Anda tetap harus waspada karena air dapat masuk kesela-sela jahitan dan merusak lapisan lem pada plafon.

Tahap kedua adalah membersihkan bagian dashboard. Karena bidangnya lebih kecil, biasanya lebih cepat beres dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk membersihkan dashboard Anda dapat menggunakan larutan campuran shampoo dan air seperlunya. Gosok perlahan permukaan dasboard secara merata menggunakan lap, dan segeralah diseka menggunakan lap chamois sebelum cairan shampoo masuk ke sela-sela dashboard, lakukan beberapa kali sampai dashboard bersih kembali. Selanjutnya Anda hanya perlu menjaga agar bagian dashboard Anda tidak terkena sengatan matahari secara langsung. Anda bisa menggunakan kaca film Anti-UV / Solar Guard pada kaca depan, atau gunakan tabir matahari / tabir pelindung dashboard setiap kali parkir ditempat terbuka.

Tahap ketiga adalah membersihkan Jok dan Door Trim. Pada jok mobil berbahan fabric / kain, gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu yang menempel pada permukaan jok dan door trim. Untuk jok dan trim berbahan vinyl / kulit imitasi, Anda bisa gunakan air dan shampo. Gunakan sikat lembut untuk menyikat permukaan jok dan trim, jangan terlalu basah dan sering-seringlah diseka. Lakukan berulang-ulang sampai dirasa sudah cukup bersih.

Tahap terakhir adalah membersihkan bagian lantai / karpet. Karena bagian ini letaknya dibawah dan lebih cepat kotor, maka sebaiknya lebih sering dibersihkan daripada bagian yang lain. Terutama karpet bagian depan, karena dibagian inilah terdapat lubang hisap udara kabin AC. Debu dan kotoran pada karpet  akan tersedot dan tersirkulasikan kembali keseluruh ruangan. Atasi dengan menyemprotkan Anti Bacterial Treatments pada karpet dan lubang hisap AC. Namun sebelum disemprotkan, bersihkan dulu seluruh bagian karpet sampai benar-benar bersih.

Tips selanjutnya, jangan pernah merokok didalam mobil sambil menyetir, meskipun pada saat merokok Anda membuka jendela lalu menutupnya kembali setelah puas merokok, karena aroma rokok akan tertinggal didalam kabin dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Pergunakan AC sesering mungkin agar debu dari luar tidak masuk kedalam kabin.  

SHARE