Kapsul Waktu Sony Volume 16

0
62

.Nama-roku berarti rekam langsung ditempat. Apa yang ada dipikiran Anda saat mendengar kata-kata tersebut? Kalau ada hubungannya dengan Sony, mungkin Anda berpikir tentang alat perekam. Tepat sekali!. Nama-roku dicetuskan pertama kali di Jepang pertengahan tahun 1970, sebuah terobosan dari Sony dimana sebelumnya orang hanya bisa merekam siaran radio.

Rupanya hobi merekam menjadi kegiatan banyak orang, karena ketika Sony meluncurkan produknya, TC-2850SD Cassette Densuke benar-benar booming menjadi sebuah hobi baru. Mereka bisa merekam suara apa pun langsung dari sumber suara. Kata “Densuke” meminjam dari produk Sony lainnya, sebuah tape recorder profesional jinjing. Berdasarkan iklan promosinya, Cassette Densuke adalah sebuah unit perekam yang juga bisa digunakan memutar kaset dimana saja sesuai dengan slogannya “Kaset dek kemana pun Anda pergi”.

Peluncurannya membuat rakyat Jepang “panik”. Semua orang berhamburan ingin merekam suara langsung dari sumbernya. Ada yang merekam suara knalpot balap, lokomotif kereta api, suara burung bernyanyi, aliran air terjun. Orang semakin berburu tempat merekam suara yang bagus.

Hari ini, alat perekam seperti muat dalam saku baju dan celana, semua ponsel dan handycam bisa merekam video dan suara secara baik. Generasi muda mungkin tersenyum kecut ketika mendengar zaman dulu hanya bisa merekam suara, tapi memang ada kesenangan tersendiri dengan merekam suara saja.

(Sumber: Sony)

SHARE