Sekali Lupa Tetap Lupa!

0
54

.Makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari makanan pokok (nasi, roti), lauk pauk, buah, sayur, dan susu sangat penting untuk dikonsumsi anak-anak. Selain untuk perkembangan dan kekuatan fisik. Makanan-makanan tersebut akan meningkatkan daya ingat si kecil.

 
Wajar bila anak sering mengatakan, bahwa sekolah itu sulit. Banyak materi dan hal baru yang diberikan oleh gurunya di sana. Semua diberikan dalam kapasitas yang tidak sedikit dan dalam waktu singkat yang terbatas. Banyak hal yang harus dihafalkan. Sulit mengingat akan membuat si kecil mudah stres.

 
Tugas Anda sebagai orangtua adalah siap siaga menyediakan makanan bergizi untuknya. Ikan salmon, telur, sayuran, kacang-kacangan, susu, dan daging sapi tanpa lemak adalah contoh makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. 

 
Selain itu, makanan-makanan tersebut akan merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, dan menguatkan konsentrasi berpikir si kecil. Masalah akan timbul, bila ternyata anak mengidap alergi akan jenis makanan tertentu, misal kacang.

 
Tidak perlu memaksanya untuk mengonsumsi kacang. Toh, masih ada banyak makanan bergizi lainnya yang bisa ditelan oleh tubuhnya. Anda masih bisa menggorengkan telur atau membuat semangkuk sup, lengkap dengan nasi dan segelas susu untuknya sepulang sekolah.

 
Tahukah Anda, bahwa setiap hari manusia harus meminum susu sebanyak dua gelas. Ini berarti 60 gelas susu per bulan. Bagaimana menyuruh si kecil minum susu dan makan daging, bila anak ternyata memiliki kecenderungan sebagai seorang vegetarian sejak lahir? Daging dan susu adalah pantangan untuknya.

 
Contoh nyata, saat berada di bangku sekolah dasar, Ghiboo tidak dapat menemukan jalan menuju sekolah, meski telah berpuluh kali melewati daerah dan jalan yang sama setiap hari. Alasannya cuma satu, lupa. Bukan hal yang dilebih-lebihkan, bila lupa menjadi penyebab Ghiboo akhirnya tidak jadi ke sekolah hari itu, karena tidak dapat mengingat di mana letak sekolah. Beberapa waktu sebelum kejadian tersebut, seorang dokter pernah mengatakan, bahwa Ghiboo kekurangan gizi. 

 
Seorang anak vegetarian tidak akan pernah bersahabat dengan makanan hewani, yang menyebabkan kelemahan pada daya ingatnya. Bagaimana mengatasinya? Mudah. Bila tidak mau minum susu sapi, berikan susu kedelai padanya atau kurangi kadar bubuk susu sapi. Susu yang diminumnya akan encer oleh banyaknya air, sehingga rasa susu tidak akan terasa kental bagi si kecil.

 
Kreatifitas Anda sebagai orangtua dalam menyediakan makanan bagi si kecil sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang dan kecerdasannya.

 
(*Dari berbagai sumber)

SHARE