Kapsul Waktu Sony Volume 17

0
29

.Ketika pertama kalinya Sony meluncurkan radio transistor pertama buatan Jepang, TR-55, pada bulan September 1955, sebulan kemudian penjualan perangkat radio transistor kecil TR-2K melonjak. TR- 2K adalah perangkat radio transistor pertama buatan Jepang yang bila dirakit menjadi radio transistor terkecil kedua.

Produksi radio transistor meningkat seiring animo masyarakat terhadap produk inovasi tersebut. Para insinyur Sony terus memutar otak untuk menciptakan sebuah radio transistor yang kecil untuk dimasukkan ke saku. Sony menemukan kesulitan untuk menciptakan radio transistor yang kecil, karena ada speaker, transducer, condenser dan suku cadang yang ukurannya masih besar. Namun mereka menemukan suatu cara untuk menekan harga dan bentuknya.dengan menghilangkan speaker dan menggantinya dengan radio earphone. Saat itu harga yang dipatok untuk TR-2K adalah 5700 yen, jauh lebih murah dibandingkan harga TR-55 ketika pertama keluar. Mengapa begitu? Hal ini dimungkinkan karena pelanggan yang membeli produk tersebut perlu merakitnya menggunakan solder.

Berdasarkan katalognya, pelanggan bisa merakitnya hanya dalam waktu empat jam, tapi faktanya banyak pelanggan menelepon layanan pelanggan Sony karena belum terbiasa menggunakan solder. Namun dua tahun kemudian Sony mengeluarkan produk best-seller TR 63 saku seharga 13800 yen yang sudah termasuk speaker.

(Sumber: Sony)

SHARE