Lighten Up Your Day

0
42

.Apakah Anda merasa cepat lelah, mengantuk, dan tidak fokus, Mungkin itu karena merosotnya stamina Anda. Stamina yang bagus akan menopang hari Anda menjadi lebih bersemangat. Untuk memperoleh stamina yang kuat, Anda dapat melakukannya sendiri.

Berikut ini, tips meningkatkan stamina dari Agus Riyanto, Mantan Pelatih fisik Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara.

1. Ketahui Kondisi awal
Sebelum memulai latihan, ketahui terlebih dahulu batas maksimal tubuh Anda dengan melakukan beberapa tes. Contoh : Bila ingin meningkatkan stamina berlari, maka berlarilah secepat mungkin dengan jarak yang telah ditentukan. Tes ini akan menjadi indikator seberapa berat latihan yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan stamina.

2. Latihan terstruktur
Berlatihlah secara rutin dengan intensitas bertahap.Selalu awali latihan dengan intensitas yang rendah, kemudian medium, baru kemudian maksimalkan dengan latihan berintensitas tinggi. Ini bertujuan agar tubuh secara perlahan, beradaptasi dengan beban berat yang akan diterima saat Anda berlatih untuk meningkatkan kinerjanya.

3. Atur pola hidup
Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap harinya dan luangkan waktu yang cukup untuk istirahat. Stamina Anda tidak akan terjaga apabila tubuh kekurangan waktu istirahat, karena istirahat akan mengembalikan energi-energi yang hilang selama Anda beraktifitas.

4. Joging selama 20 menit setiap hari
Latihan joging selama 20 menit secara rutin dapat membantu membakar asam laktat yang tertimbun dalam tubuh. Asam laktat yang terbakar dengan latihan ini akan diubah menjadi energi yang akan meningkatkan stamina Anda.

Ayo tingkatkan stamina Anda.

(Men’s Fitness, Juli 2010)

SHARE