FIFA Ballon d'Or, Penghargaan Terbaru FIFA.

0
45

.Ballon d’Or adalah bahasa Perancis untuk Bola Emas, merupakan penghargaan sepak bola yang diciptakan dan dianugerahkan oleh majalah France Football sejak tahun 1956 kepada pemain sepak bola yang penampilannya dianggap terbaik sepanjang tahun sebelumnya.

Dalam bahasa Inggris, penghargaan ini lebih dikenal dengan nama European Footballer of the Year (atau Pemain  sepak Bola Terbaik Eropa).

Sang pemain mesti merupakan pemain yang sedang memperkuat sebuah klub anggota UEFA. Hingga tahun 1995, pemain tersebut juga harus merupakan warganegara Eropa. Pemilihan dilaksanakan oleh sekelompok wartawan sepak bola Eropa.

Namun dengan penambahan kata FIFA, penghargaan ini tidak hanya diperebutkan oleh pemain asal Eropa saja, tapi oleh seluruh pemain terbaik di penjuru dunia. Jenis penghargaan ini merupakan gabungan dari penghargaan FIFA World Player of The Year Award dan France Ballon d’Or, dan disahkan di Johannesburg, 5 Juli 2010.

Dengan adanya penggabungan ini, pemilihan dilakukan oleh pelatih dan kapten negara, serta perwakilan media Internasional yang dipilih oleh France Football.

Pemenang perdana penghargaan ini, akan diumumkan, 10 January 2011 di Zurich Kongresshaus.

(berbagai sumber)

SHARE